Batam Akan Menjadi Kota Pengangguran Terbanyak di Indonesia - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Senin, 03 Agustus 2015

Batam Akan Menjadi Kota Pengangguran Terbanyak di Indonesia

Batam,Buruhtoday.com - Setiap tahun angka pengganguran di Kota Batam terus membludak, dan hasil survei yang dikeluarkan  Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam juga untuk tahun 2015 ini menyebutkan bahwa untuk tingkat pengangguran akan semakin melonjak tinggi seiring bobroknya perekonomian dan banyaknya perusahaan yang hengkang dari Batam.

Dari data yang ada untuk tahun 2012 saja jumlah pengangguran sebanyak 25.391 orang. Lalu tahun 2013 meningkat menjadi 32.031 orang, Dan tahun 2014 tembus menjadi 35.735 orang. Sedangkan tahun 2015 jumlahnya diperkirakan akan terus melonjak.

Pada tahun ini, Januari sampai  Mei 2015 saja sudah ada 11 perusahaan yang tutup dengan alasan tidak ada orderan ataupun Pailit. dimana Perusahaan itu adalah :

  1. PT Nakano S Batam
  2. PT Hidro Jet Marine
  3. PT Yee Woo Indonesia
  4. PT Seamens Hearing Instrumen
  5. PT Fujitek
  6. PT Security Manajemen
  7. PT Bintan Anugerah
  8. PT Nidex Sank yo
  9. PT Diva Sarana Metal
  10. PT Jasa Prima Mandiri
  11. PT Heat Exchanger Indonesia.

Sementara itu angka untuk pencari kerja dari daerah terus membludak, terlebih di awal tahun kelulusan tingkat SMA dan usai lebaran Idul Fitri seperti saat ini.

“Kalau ditanya angka pengangguran di Kota Batam, pastinya lebih tinggi dibanding pencari kerja,” tutur Elisabeth, Kasie Informasi Pasar Kerja Disnaker Batam.

Kondisi seperti ini menurut warga Batam akan membahayakan bagi imej dan keamanan masyarakat. Sebab dengan banyaknya tingkat pengangguran saat ini tidak menutup kemungkinan akan banyak terjadi tindak kriminalitas. dan Pertanyaan besarnya adalah dimana peran Pemko Batam dan Otorita Batam ???.

(red/Amok)