Home » , , » Jumlah Tenaga Kerja Asing Indonesia Lebih Banyak Dari Tiongkok

Jumlah Tenaga Kerja Asing Indonesia Lebih Banyak Dari Tiongkok

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Rabu, 29 Oktober 2014

Jakarta,Buruhtoday.com -  sampai saat ini ada sebanyak 64.604 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Indonesia, dan lebih banyak diantara mereka berasal dari negara Tiongkok, yang jumblahnya 15.341 orang atau sekitar 24%. sementara diurutan kedua yaitu negara Jepang yang jumblah tenaga kerjanya sebanyak 10.183 orang orang atau 16%, diurutan ketiga Korea Selatan sebanyak 7.678 orang atau 12%,diurutan terahir yaitu negara India ada 4.608 orang atau 75%. data ini  dikutip dari Kementrian ketenagakerjaan.

Kebanyakan tenaga kerja asing berada di sektor jasa yaitu 38.450 orang (59%). Disusul sektor industri 23.482 orang (36%), dan pertanian 2.582 orang (5%).

Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan, menegaskan perlunya memperketat pengawasan dan penegakan hukum sesuai aturan pengawasan ketenagakerjaan. Upaya pengendalian jumlah tenaga kerja asing mempertimbangkan beberapa aspek antara lain menyangkut pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

" Keberadaan tenaga kerja asing harus memberikan kemajuan bagi pengembangan kualitas tenaga kerja dan SDM Indonesia yaitu dengan cara alih-keterampilan dan alih-teknologi," kata Hanif dikutip dari siaran tertulis.

Hanif mengatakan, para tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia harus mengalihkan pengetahuan kepada tenaga kerja lokal. Perusahaan harus memastikan tenaga kerja asing itu mengalihkan keahlian dan keterampilan kepada tenaga kerja lokal yang bekerja di perusahaannya.

" Saat kebutuhan tenaga kerja asing itu diajukan, maka kita akan mempertimbangkan seberapa banyak manfaat yang bisa diperoleh bagi tenaga kerja lokal. Kalau tidak sesuai dengan kebutuhan, tentunya kita akan menolak," tegas Hanif. (MedanBisnis)
Share this post :

Facebook Comments