Perusahaan Sektor Ritel Diminta Bertanggung Jawab Atas PHK Karyawan - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Rabu, 25 Oktober 2017

Perusahaan Sektor Ritel Diminta Bertanggung Jawab Atas PHK Karyawan


JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri menyebutkan gelombang PHK seperti yang terjadi di sektor ritel ini bukan murni disebabkan oleh kesalahan pegawai. Sebab menurutnya konsekuensi atas transformasi bisnis ke era digital, sehingga sektor ritel konvensional menjadi korban. Seharusnya manajemen perusahaan ritel sedari awal sudah menyusun strategi dalam menghadapi transformasi bisnis ini. Sehingga, segala sesuatunya bisa diantisipasi, termasuk nasib tenaga kerja pasca kena PHK.

“Proses bisnis berubah, ya konsekuensinya nanti seperti apa? Termasuk dari sisi ketenagakerjaan, kalau ada PHK ya tentu hak-haknya harus diberikan. Tetapi, yang paling penting adalah nasib setelah PHK, ini bagaimana? Makanya kami minta kepada perusahaan untuk menyusun skema yang mengukur dampak transformasi bisnis terhadap ketenagakerjaan,” ujar Hanif ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu (25/10).

Namun, sebelum ikut bertanggungjawab atas nasib pegawai, tentu saja perusahaan harus memenuhi kompensasi utama atas pemutusan hubungan kerja. Ketentuan ini tercantum di Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Untuk itu, lanjut Hanif, Kemenaker berjanji akan terus mengawasi pembayaran kompensasi PHK sesuai ketentuan yang berlaku.

“Dari sisi ketenagakerjaan, kalau ada PHK, (kompensasi) harus sesuai aturan,” paparnya.

Meski demikian, hingga saat ini, ia belum tahu angka pasti pegawai sektor ritel yang sudah terkena PHK. Adapun, data secara agregat bisa didapatkan akhir tahun mendatang.

Namun, meski pasar tenaga kerja ritel sedang lesu, bukan berarti sektor lainnya juga tengah menyusutkan jumlah pekerja. Sebab menurutnya, masih banyak sektor yang membuka lapangan pekerjaan baru, seperti infrastruktur dan manufaktur.

“Orang masuk dan orang PHK ini ada semua. Di sektor tertentu ada PHK, tapi yang lain ada juga (tenaga kerja) yang masuk dan bertumbuh terus,” paparnya.

Sebelumnya, terdapat beberapa gerai ritel fesyen yang ditutup, seperti tiga gerai Lotus Department Store, dua gerai Matahari Department Store, delapan gerai Ramayana, hingga gerai Debenhams Indonesia.

Kendati begitu, berdasarkan hasil Survei Bank Indonesia (BI) Agustus lalu, penjualan eceran atau ritel justru menunjukkan perbaikan. Tercatat, pertumbuhan penjualan eceran nasional naik 2,2 persen secara tahunan (year-on-year/yoy/ CNN Indonesia).

red.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar