Pemko Batam Komitmen Wujudkan Kepulaun Riau Provinsi K3 - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 20 Januari 2018

Pemko Batam Komitmen Wujudkan Kepulaun Riau Provinsi K3

BATAM - Walikota Batam Muhammad Rudi ikut menandatangani Deklarasi Komitmen Bersama Penerapan Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk Mewujudkan Kepri Provinsi K3 Tahun 2020.

Penandatanganan deklarasi dilaksanakan dalam rangkaian Peringatan Hari K3 Nasional Provinsi Kepulauan Riau di Hotel Harmoni One Batam Centre, Sabtu (20/1/2018) kamarin.

Deklarasi ini juga ditandatangani perwakilan kepolisian, dunia usaha, dunia industri, serikat pekerja, serikat buruh, serta praktisi K3, dan disaksikan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja RI, Hanif Dhakiri.

Dalam sambutannya Hanif mengatakan pemerintah saat ini memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Dan program pembangunan tersebut harus didukung oleh penerapan K3.

"Agar pelaksanaannya jangan sampai menimbulkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja," ujarnya.

Menurutnya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja bukan hanya menimbulkan kerugian material maupun korban jiwa serta gangguan kesehatan. Tetapi dapat juga mengganggu proses produksi secara menyeluruh bahkan merusak lingkungan yang akhirnya berdampak pada masyarakat luas.

"Salah satu penyebab kecelakaan kerja adalah belum optimalnya pengawasan dan pelaksanaan K3 serta perilaku K3 di tempat kerja," kata dia.

Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, kata Hanif, jumlah kasus kecelakaan kerja terus menurun. Tahun 2015 terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110.285 kasus. Jumlahnya turun 4,6 persen di 2016 menjadi 105.182 kasus. Dan periode Januari-Agustus 2017 sebanyak 80.392 kasus.

"Perlu upaya nyata untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan maupun penyakit akibat kerja, secara maksimal," sebutnya.

Sementara itu Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dalam sambutannya mengatakan bahwa K3 ini juga dapat membangun karakter pekerja. Sementara Ketua Panitia mengatakan berbagai kegiatan telah dilakukan dalam rangkaian Peringatan Hari K3 Nasional Provinsi Kepri. Di antaranya seminar kesehatan reproduksi perempuan pekerja, kemudian pameran K3, donor darah, hingga jalan sehat di Engku Putri. (MCB)

red.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot