Ratusan Buruh Unjuk Rasa ke Kantor Walikota Bandarlampung - BURUH TODAY


Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 18 Mei 2017

Ratusan Buruh Unjuk Rasa ke Kantor Walikota Bandarlampung

BANDARLAMPUNG - Ratusan buruh dengan membawa keluarganya mendatangi kantor Walikota Bandarlampung. Mereka meminta walikota agar dapat memberikan perlindungan atas rencana perusahaan untuk menghentikan operasional.

Ade Firman Maulana, Sekretaris Serikat Pekerja Danone Aqua Group mengatakan, per tanggal 4 Mei 2017, manajemen perusahaan akan menghentikan operasional pabrik di Bandarlampung.

Penutupan, sambung Ade, terkait Perda No 10 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Berdasarkan RTRW, daerah Kupang Teba tempat pabrik berdiri merupakan areal pemukiman masyarakat.

"Ada 157 pekerja yang menggantungkan kehidupan pada perusahaan ini terancam dirumahkan, kami ingin meminta perlindungan pada wali kota soal nasib para buruh dan keluarganya," kata Ade pada Kamis (18/5/2017).

Pabrik produksi Aqua yang terletak di Jl KH Ahmad Dahlan Kelurahan Kupang Teba Bandarlampung berdiri sejak 27 tahun lalu. Menurut Ade, pabrik tersebut sudah melahirkan pabrik lainnya di sejumlah daerah di Lampung.

"Mengapa baru sekarang dipermasalahkan perihal tata ruang," ujarnya.

red/Kompas.co




Post Top Ad

Your Ad Spot