Home » » Ratusan Kader Bertanding di Jambore PKK Batam 2015

Ratusan Kader Bertanding di Jambore PKK Batam 2015

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Sabtu, 06 Juni 2015

Batam,Buruhtoday.com - Sebanyak 144 kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari 12 kecamatan mengikuti Jambore Kader PKK Tingkat Kota Batam tahun 2015. Acara Jambore digelar di Dataran Engku Putri Batam Centre, Jumat-Sabtu (5-6/6/2015).

Ketua Panitia, Pebrialin mengatakan tema yang diusung kali ini adalah “Dengan Jambore PKK Tingkat Kota Batam, Kita Satukan Tekad untuk Mewujudkan Kader PKK yang Profesional dalam Mensukseskan 10 Program Pokok PKK”.

“Tujuan Jambore ini adalah meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan kader dalam gerakan PKK, memberikan penghargaan kepada para kader atas prestasinya terhadap gerakan PKK. Serta meningkatkan motivasi dan kinerja kader dalam menunjang terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera,” kata Pebrialin saat pembukaan, Jumat (5/6/2015).

Adapun lomba yang diadakan yakni lomba defile peserta dan hiasan tenda. Kemudian lomba pidato, penyuluhan, alat permainan edukatif, cerdas cermat, desain busana, foto, Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Selain itu juga digelar lomba Ranking 1, simulasi 5 meja, serta outbond.

Hadiah yang disiapkan yakni Rp 10 juta untuk juara I umum, Rp 7,5 juta untuk juara II umum, Rp 5 juta untuk juara III umum. Dan untuk pemenang di 11 kategori lomba disiapkan Rp 2,25 juta.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Mariana Ahmad Dahlan mengatakan tahun ini merupakan tahun keempat pelaksanaan Jambore PKK.

“Dan ini tahun terakhir saya hadir di sini. Semoga tahun-tahun ke depan akan dilaksanakan kembali acara seperti ini,” ujarnya.

Menurut Mariana, kader PKK yang ikut kali ini sebagian besar adalah kader yang belum pernah ikut lomba Jambore. Kader yang sudah berpengalaman dibatasi hanya tiga orang per kecamatan. Tujuannya agar ada pengkaderan atau regenerasi kader. Sehingga terciptanya kader-kader PKK yang profesional.

“Pada kesempatan ini, saya mengharapkan agar kader PKK Kota Batam dapat terus berkarya dan bekerja dalam memberdayakan kesejahteraan keluarga. Mudah-mudahan semua kegiatan yang dilakukan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi diri, keluarga, dan masyarakat,” tutur Mariana.

Hal senada diungkapkan Walikota Batam, Ahmad Dahlan. Ia menyampaikan terimakasih kepada kader yang bersemangat menjalankan program-program PKK. Sehingga turut membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batam.

“Terimakasih juga pada SKPD yang setiap tahunnya men-support ibu-ibu PKK" kataAhmad Dahlan.

Kepada sejumlah wartawan, Dahlan menjelaskan bahwa sejak beberapa tahun terakhir pemerintah tidak dibenarkan lagi untuk memberikan dana hibah kepada PKK. Oleh karena itu kegiatan PKK disejalankan dengan program-program di Satuan Kerja Perangkat Daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Seperti lomba Jambore ini yang dianggarkan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (PMPK-UKM). Pelaksanaannya bekerjasama dengan TP PKK Kota Batam. (Sumber MCB)
Share this post :

Facebook Comments