Home » » Polresta Barelang Berhasil Menangkap Pengedar Ijazah Palsu

Polresta Barelang Berhasil Menangkap Pengedar Ijazah Palsu

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Jumat, 29 Mei 2015

Batam,buruhtoday.com - Jajaran Polreta Barelang berhasil menangkap dua pelaku pembuat ijazah palsu yakni M Ramli (20) dan Indra Budiman(28), ijzah palsu tersebut dipasarkan melalui jaringan online FB.

Para pelaku ini dibekuk di tempat berbeda, Ramli di daerah Tiban, Sekupang. Sedangkan Indra diamankan di tempat yang dijadikan sebagai percetakan ijazah di Kelurahan Baloi, Kecamatan Lubukbaja.

Polisi juga mendapati barang bukti berupa 18 blangko ijazah SMK dan 40 blangko ijazah SMU palsu. Serta 107 jenis stempel palsu berbagai universitas di Indonesia, printer, komputer, kertas folio, kwitansi, kertas hologram palsu perguruan tinggi.

Kapolres Barelang Kombes Asep Safrudin mengatakan, pengungkapan kasus pemalsuan merupakan pengembangan dari hasil penyelidikan unit cyber crime. Modus yang digunakan, para pelaku menawarkan kepada masyarakat melalui jejarang sosial facebook.

“Jaringan mereka kami bongkar disaat ada penawawan secara online ijazah untuk SLTA/Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh para tersangka,” ungkap Asep didampingi Kasat Reskim Kompol Yoga Buana Dipta.

“Dari pengakuan tersangka, tarif pembuatan ijazah berkisar Rp1 juta hingga Rp5 juta. Dan aksi mereka sudah lakukan selama 3 bulan,” pungkas Asep.

Atas perbuatannya tersebut, kini kedua pelaku sudah dijebloskan di jeraji besi dengan ancaman pidana pasal 263 ayat 1 tentang pemalsuan dokumen dikenakan ancaman 8 tahun penjara. (red/amok)
Share this post :

Facebook Comments