Home » » Curhat Mr Joki Dari Gedung DPRD Batam (1)

Curhat Mr Joki Dari Gedung DPRD Batam (1)

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Kamis, 28 Mei 2015

Batam,Buruhtoday.com  – Ada kabar mengenai keberadaan Joki di Gedung DPRD Batam yang bertugas mengantikan perjalanan kunjungan kerja(Kunker) anggota dewan, Tetapi bagaimana cara kerja seorang joki, mungkin tak banyak yang tahu selain unsur di dalam Gedung Dewan itu sendiri. Hal tersebut di ungkapkan secara blak – blakan oleh Mr. Joki, sebut saja begitu namanya kepada amokgroup.

Menurut informasi yang diterima Mr Joki bertugas apabila ada permintaan dari Gedug Dewan untuk di fungsikan untuk bisa menghasilkan uang tambahan, dan di Gedung Dewan di sebut dengan nama potensi. apabila Mr Joki bisa berangkat menggantikan anggota Dewan dan PNS dari gedung DPRD.

“Cuma saat ini, saya sudah malas menjadi Joki lagi mas. Uang lunsum ( uang saku, red ) jauh berkurang. Sekarang perjalanan tiga hari ke Surabaya saja paling anggota Dewan dapat Rp 1.700.000. berapa lagi buat Joki ?. Kalau dahulu, uang lunsum bisa mencapai Rp 1,5 sampai 2 juta. Tiga hari perjalanan dinas ke Surabaya itu anggota Dewan ataupun PNS bisa mendapat lunsum mencapai 6 - 7 juta. “Kata Mr Joki.

Mr. Joki menjelaskan jika dirinya berangkat, maka di tempat tujuan biasanya Mr Joki di suruh mencari penginapan yang jauh lebih murah dengan Tujuannya biaya hotel  dapat di uangkan oleh Anggota Dewan ataupun PNS yang memesannya. Masalah kwitansi dan stempel biasanya Mr Joki mengupayakan membeli nota kosong dari hotel mahal ditempat tujuan. dan jika tidak dapat, Mr Joki pun melakukan manipulasi dengan mencetakkan nota dan kwitansi palsu.

"Urusan memanipulasi itu sudah biasa mas, dari mulai nota menginap hotel sampai tiket pesawat dapat diatur didalam gedung Dewan, karena kita sudah kreatifitas tinggi dibindang itu." kata Mr Joki yang sudah berkecimpung di Gedung Dewan Kota Batam sebagai honorer ( sekarang P3K,red ) lebih dari tiga tahun.

Terkait dengan masalah identitas, menurut Mr. Joki, jika urusannya di Bandara maka mereka sudah punya jalur khusus yang bisa memasukkan Joki ke Bandara. Proses pengecekan biasa di lewati dengan gampang, melewati jalur biasa.

Ditanya mengenai siapa saja anggota Dewan saat ini yang sudah pernah mempergunakan jasanya, Mr. Joki menatakan kalau anggota Dewan periode yang baru ini memang masih sedikit sekali yang menggunakan jasa Joki. Hal ini terkait dengan masalah lunsum. Dan Mr. Joki juga menyebutkan beberapa nama anggota Dewan dengan inisial ED, JK, GAT, INU, SO, RI, UB, sebagai anggota dewan periode ini yang sudah pernah menggunakan Joki.

Dan kota-kota yang sering menggunakan jasa Joki menurutnya Mr. Joki adalah Makasaar, Manado, Medan, Surabaya, Palembang, Denpasar, Lombok . Di kota – kota ini, Staff protocol Pemko tujuan tergolong gampang sekali di ajak bekerjasama. Cukup bayar saja Rp 500.000 ( Lima Ratus Ribu Rupiah ) maka stempel dan tanda tangan resmi Pemko daerah tujuan sudah bisa di dapat. (red/Amok )
Share this post :

Facebook Comments