Home » » Inilah Provinsi yang Paling Jujur Pada Pelaksanaan UN 2015

Inilah Provinsi yang Paling Jujur Pada Pelaksanaan UN 2015

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Sabtu, 16 Mei 2015

Buruhtoday.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan tak hanya mengumumkan hasil Ujian Nasional(UN) ditingkat Sekolah Menengah Atas, Dia juga membuat Indeks Integritas Ujian Nasional per provinsi,Jumat(15/5/2015). 

Dari Indeks Integritas yang dibuat Anies tersebut, ada 7 provinsi yang memiliki catatan tingkat kejujuran paling tinggi , atau paling sedikit melakukan kecurangan dalam pelaksanaan UN tahun 2015.

"Paling tinggi itu DIY, Bangka Belitung, Kaltara (Kalimantan Utara), Bengkulu, Kepulauan Riau, Gorontalo dan NTT, di mana presentase kecurangannya di bawah 20 persen," kata Anies dalam konferensi pers di Kemendikbud, Jakarta.

Dalam Indeks tersebut juga ditemukan sejumlah provinsi yang tingkat kecurangannya mencapai lebih dari 80 persen, atau dengan kata lain, Indeks Integritas UN-nya paling rendah.

Sayangnya, Menteri Anies belum mau mengumumkan nama-nama provinsi yang terindikasi Indeks Integritas UN tahun 2015 paling rendah, atau banyak ditemukan kecurangan.

"Untuk saat ini kami belum mengumumkan nama-nama provinsinya, karena
kami akan memberitahukan terlebih dahulu kepada para pemimpin daerah," ujar Anies.

Sebelumnya, Anies Baswedan secara bertahap mengumumkan perolehan hasil Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat tahun 2015.

Dalam data yang diberikan oleh Kemedikbud, rata-rata nilai di tahun 2015 memang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, baik itu sekolah negeri ataupun swasta. Jika di 2014 nilai rata-rata keseluruhannya adalah 61,00, maka di tahun ini meningkat menjadi 61,29 atau 61,3.

"Secara nasional, rata-rata nilai Ujian Nasional naik 0,3 poin menjadi 61,3. Artinya kekhawatiran bahwa nilai Ujian Nasional akan jatuh saat UN tidak lagi menjadi syarat kelulusan tidak terbukti. Kondisi ini jelas lebih baik dari pada tahun 2014," kata Anies. (sumber Viva.co.id)
Share this post :

Facebook Comments