Home » » Gubernur Kepri Resmikan Pembangunan Pesantren Al-Iris di Bintan

Gubernur Kepri Resmikan Pembangunan Pesantren Al-Iris di Bintan

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Senin, 16 Maret 2015

Tanjungpinang,Buruhtoday.com - Gubernur Kepri,Muhammad Sani, meresmikan pembangunan Pesantren Al-Idris Kepri, ditandai dengan peletakan batu pertama, di jalan Wisata Bahari, kampung Jeropet, Kawal, Kecamatan Gunungkijang, Bintan, Minggu (15/3/2015).


Dalam sambutannya, Sani menyambut baik pembangunan pesantren ini. Menurutnya, pembangunan pendidikan keagamaan harus sejalan antara pemerintah dan masyarakat.

"Pemerintah Provinsi Kepri akan membantu Rp1 miliar melalui APBD 2016," janji Sani.

Pembangunan pesantren Al-Idris Kepri, merupakan bukti konsep pembangunan Kepri yang berjalan secara baik. "Jargon pendidikan Kepri bernuansa agama dapat ditumbuhkembangkan di masa mendatang. Era globalisasi yang mendera generasi muda, mesti dibentengi dengan kehidupan beragama. Salahsatunya dengan pesantren ini, akar terciptakan ahlak generasi muda yang baik" ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al-Idris Kepri, Suparman manjan mengatakan, lokasi pembangunan pesantren merupakan wakaf dari warga yang bernama almarhum Idris. Karenanya nama pesantrennya Al-Idris, sesuai wasiat pemberi wakaf tanah.

"Seluas satu hektare tanah wakaf dari almarhum. Sebagian lagi dibebaskan dari warga sehingga menjadi dua hektare. Dengan niat ikhlas, bertekad kuat mendirikan pesantren modern Al-Idris," kata Suparman.

Alumnus doktoral jurusan kurikulum dan methodologi pengajaran, Universitas El-Nilain Khartoum Sudan ini melanjutkan, program pesantren modern yang akan digulirkan diantaranya mencetak ulama masa depan serta hafidz dan hafidzoh.

"Sudah sepantasnya putra-putri kita berbahasa Arab, berbahasa Inggris, bereferensi kitab berbahasa Arab asli. Sehingga tidak keluar dari konteks yang sesungguhnya," ujar mantan staff Duta Besar negara Sudan ini. Kepala Kementerian Agama Provinsi Kepri Marwin jamal mengatakan, pesantren memasuki fase menggembirakan, merupakan idola menteri agama.(Sumber humas pemprov kepri)
Share this post :

Facebook Comments