Pensiunan Kopassus Sebut Wiranto " Cemen " - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 22 Juni 2014

Pensiunan Kopassus Sebut Wiranto " Cemen "

Para purnawirawan mantan anggota tim elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) kesal atas pernyataan mantan Menhankam/Panglima ABRI (Purn) Jenderal Wiranto soal surat rekomendasi Dewan Kehormatan Perwira (DKP) soal pemecatan Prabowo Subianto. Bahkan, mereka menyebut Wiranto sebagai sosok yang penakut karena tak berani bertanggung jawab dalam kasus 1998.

"Seharusnya dengan tegas pak Wiranto menjawab 'yang perintahkan Prabowo itu saya' tetapi karena dia cemen, ingin menutupi kesalahannya maka prabowo disalah-salahkan," ungkap Juru Bicara Purnawirawan Kopassus Kolonel (Purn) TNI Ruby di Jakarta, Sabtu (21/6).

"Maka kami minta Wiranto melepas wing komando. Kami akan mencari dia dan mengambil dia karena dia sekarang cuma rakyat biasa," tegasnya dengan nada tinggi.

Ruby mengungkapkan, peristiwa yang terjadi pada kasus 1998 dan Timor Timur sebenarnya tanggung jawab Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), sebab Prabowo saat itu menjabat sebagai Danjen Kopassus hanya berstatus sebagai bawahan yang siap menjalankan perintah atasannya.

"Cuma ketika itu mereka tidak menuliskan perintah secara tulisan ataupun lisan karena untuk menutupi kesalahan kepada Wiranto, maka kasus 98 dan timor timor seharusnya Wiranto. Tetapi untuk menutup agar tidak terkena HAM, dia buka aib daripada prabowo. Cuma untuk melindungi dirinya sendiri," keluhnya.

Tak hanya itu, Ruby menyebutkan Wiranto merupakan sosok di balik terbentuknya PAM Swakarsa yang dinilai kontroversial saat itu.

"Swakarsa yang menciptakan Wiranto. Mereka dibentuk seperti itu maka akan terjadi seperti itu. Kasus 27 Juli itu kan juga ada Sutiyoso di situ," pungkasnya.

Merdeka.com

Post Top Ad

Your Ad Spot