Pengawasan DLH Batam Lemah, PT King Shining Industry Diduga Buang Limbah B3 ke Laut - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com

Post Top Ad

Selasa, 06 Oktober 2020

Pengawasan DLH Batam Lemah, PT King Shining Industry Diduga Buang Limbah B3 ke Laut


BATAM - PT King Shining Industry (KSI) yang berdomisili di kawasan Wiraraja Group Pandawa Negeri diduga melakukan pembuangan limbah cair B3 ke laut dari saluran drainase tanpa melakukan proses-proses bak penampungan sementara.


Perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan sampah plastik tersebut memproduksi limbah plastik yang didatangkan dari luar negeri yakni Beijing Tiongkok.


Menurut keterangan salah satu mantan karyawan perusahan itu menyebutkan, bahwa pembuangan limbah cairan itu dilakukan pihak manajemen tanpa ada hambatan sama sekali.


 

“Proses pembuangan limbah dilakukan pada malam hari agar tidak tersorot, dan tanpa melalui proses penyaringan atau apapun. Limbah padat B3 dibuang sekitaran kawasan Wiraraja, dimana sebelumnya limbah padat B3 dibuang di TPA Punggur," Ujar T. (Mantan Karyawan).




Murni mewakili manajemen PT KSI saat dikonfirmasi melalui pesan WhatshApp sama sekali tidak bersedia memberikan keterangan atau merespon konfirmasi yang dikirimkan.


Pembuangan limbah itu pun mendapat respon dari pengurus GPNRI, Eko dan Intiwani. Mereka mengaku meninjau langsung lokasi perusahaan, dan menyayangkan kejadian tersebut. Pasalnya, dengan kejadian itu, tidak menutup kemungkinan telah terjadi pencemaran lingkungan khususnya merusak biota laut.

 

“Pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus bertindak tegas dan memberikan sangsi sesuai dengan peraturan yang berlaku di negeri ini,”


“Kami sangat menyayangkan adanya temuan ini, ini bisa dijerat dengan dugaan pencemaran lingkungan dan bisa dikenakan Pasal 102 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai hal ini,” ujar mereka.


Hingga berita ini diunggah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Batam belum dikonfirmasi.


Sumber Mediatrias.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar