Sempat Terhenti, BTKLPP Kelas I Batam Lanjutkan Pemeriksaan Sampel Swab - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Rabu, 29 April 2020

Sempat Terhenti, BTKLPP Kelas I Batam Lanjutkan Pemeriksaan Sampel Swab

BATAM - Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Klas I Batam kembali mendapat bantuan bahan pemeriksaan corona virus disease (Covid-19). Rabu (29/4/2020), bantuan diterima dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“Alhamdulillah hari ini bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri kita terima,” kata Kepala BTKLPP Klas I Batam, Ismail Damhuji.

Bantuan yang diterima kali ini adalah 5 box reagen. Tiap kotak berisi 300 unit reagen. Kemudian alat rapid diagnose test (RDT) sebanyak 100 pieces. Dan alat pelindung diri (APD) dengan jumlah yang sama, 100 pieces.

“Dengan datangnya reagen ini, besok pemeriksaan bisa kami lanjutkan kembali,” ujarnya.

Menurut Ismail, beberapa waktu lalu BTKLPP sempat mengalami kekosongan bahan uji laboratorium. Sehingga pemeriksaan sampel swab dengan polymerase chain reaction (PCR) sempat terhenti.

“Kita sempat kosong empat hari,” kata dia.

Selain bantuan dari Dinkes Kepri, BTKLPP juga sedang menunggu bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bantuan ini diperkirakan tiba di Batam pada Rabu sore.

“Bantuannya apa saja belum ada rinciannya. Nanti kita lihat di berita acara serah terimanya,” tutur Ismail.

Sebagai informasi, BTKLPP Klas I Batam mulai melakukan pemeriksaan sampel swab terkait Covid-19 sejak 12 April lalu. Pemeriksaan dilakukan dengan dua unit PCR bantuan dari Singapura.

Guna memperlancar proses pemeriksaan, Pemerintah Kota Batam juga telah menganggarkan pengadaan bahan uji laboratorium. Baik itu reagen maupun virus transfer media (VTM).


(Sumber dari link : https://mediacenter.batam.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar