Kondisi DAM Duriangkang Memprihatikan, Tim Gabungan Bersihkan Eceng Gondok - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Kamis, 28 November 2019

Kondisi DAM Duriangkang Memprihatikan, Tim Gabungan Bersihkan Eceng Gondok

BATAM - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi memimpin apel pembersihan eceng gondok DAM Duriangkang. Apel berlangsung di Dataran Engku Putri Batam Centre, Rabu (28/11/2019).
Pembersihan eceng gondok di salah satu DAM penyedia air baku ini diikuti anggota TNI-Polri, pegawai Ditpam BP Batam, Satpol PP Kota Batam, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran, dan unsur lainnya. Usai apel para peserta kembali berkumpul di Kantor Pemadam Kebakaran samping Temenggung Abdul Jamal, sebelum bersama-sama bergerak ke DAM Duriangkang.
“Ini merupakan kerja sosial, yang menyelamatkan seluruh masyarakat Kota Batam. Tepatnya menyelamatkan air yang digunakan masyarakat ke depan,” kata Rudi yang juga Wali Kota Batam ini.
Menurutnya, ada survei yang menyatakan kondisi DAM sudah terlampau memprihatinkan. Dan saat ini Batam belum memiliki alat untuk menjaga DAM bersih dan air cukup.
“Maka kita gunakan tenaga yang ada hari ini. Kalau tidak, dalam waktu dekat air akan berkurang. Kalau tidak, akan jadi masalah,” tuturnya.
Rudi berharap, para peserta gotong royong ini serius dan kompak ketika bekerja di lapangan. Supaya apa yang direncanakan betul-betul dapat terselesaikan melalui kegiatan di pagi hari ini.
“Apel ini cukup banyak orangnya, hampir 1.000 orang. Saya mohon di lapangan segitu juga. Anggaran kita tak akan mencukupi untuk membangun Kota Batam. Kita berusaha menambah dari sumber daya manusia yang ada secara manual dan pribadi bapak ibu sekalian,” ujarnya.
Rudi mengatakan DAM di Batam memang cukup banyak. Tapi tak mampu lagi memenuhi kebutuhan. Karena sudah dipenuhi tanaman, sampah, dan tanah.
“Maka ayolah kita jaga DAM ini. Dan kita juga harus mengajak seluruh masyarakat Kota Batam agar tak membuang sampah dan tanah di DAM yang ada,” kata dia.
Kepada peserta gotong royong ia juga berpesan untuk hati-hati. Karena mungkin ada lokasi yang berlumpur. Bagaimana pun keselamatan harus dijaga.
“Dalam waktu dekat kita juga akan selesaikan DAM Sei Harapan,” sebutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar