Pemko Batam Raih WTP Ketujuh Kalinya untuk LKPD - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com

Post Top Ad

Kamis, 10 Oktober 2019

Pemko Batam Raih WTP Ketujuh Kalinya untuk LKPD

BATAM - Pemerintah Kota Batam kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD). Hasil pemeriksaan atas LKPD 2018, Pemko Batam kembali meraih WTP untuk ke-7 kalinya.
“Capaian opini WTP ini merupakan capaian opini WTP ke-7 Pemerintah Kota Batam sejak tahun 2012. Pencapaian tersebut terwujud tak lepas dari kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kota Batam dalam menyusun laporan keuangan yang berkualitas,” kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau, Heru Pudyo Nugroho yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, M Nurul Hidayatullah saat penyerahan piagam penghargaan dari Menteri Keuangan di aula Kantor Walikota Batam, Rabu (9/10/2019).
Ia menjelaskan, opini WTP ini hanya dapat diperoleh jika memenuhi empat kondisi sesuai UU nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara. Kondisi yang dimaksud pada pasal 16 yaitu kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas sistem pengendalian internal pemerintah, dan laporan keuangan telah disajikan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah.
“Pencapaian ini merupakan bukti komitmen Pemko Batam dalam memperbaiki secara terus menerus tata kelola dan kualitas pengelolaan keuangan negara yang menjadi tanggung jawabnya,” kata dia.
Ia berpesan, hendaknya opini WTP ini memiliki korelasi positif terhadap kinerja pembangunan di daerah. Karena pada akhirnya keuangan negara termasuk dana transfer adalah instrumen untuk mencapai tujuan pembangunan dalam rangka mensejahterakan rakyat.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin yang mewakili Walikota Batam saat menerima piagam penghargaan mengatakan capaian ini tak lepas dari dukungan jajaran pegawai di lingkungan Pemko Batam serta masyarakat umumnya.
“Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh jajaran di Pemko Batam. Serta dukungan seluruh masyarakat Kota Batam. Atas nama Walikota dan Wakil Walikota Batam, kami mengucapkan terima kasih,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar