Rencana PHK Ribuan Karyawan, Ini Penjelasan Dirut PT Krakatau Steel - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Sabtu, 22 Juni 2019

Rencana PHK Ribuan Karyawan, Ini Penjelasan Dirut PT Krakatau Steel

BURUHTODAY.COM - Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim memberikan penjelasan lengkap seputar kondisi BUMN tersebut dan isu yang berkembang terkait isu pemutusan hubungan kerja ( PHK) ribuan karyawan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.
Seperti dikutip dari Tribunnews.com, sejak 10 tahun lalu ungkapnya, Krakatau Steel sudah menyimpan sejumlah persoalan yang membuat perusahaan pelat merah itu harus rugi 7 tahun berturut-turut.
Sejak ditunjuk sebagai nakhoda baru Krakatau Steel pada September 2018 lalu, Silmy menyadari besarnya masalah dan pentingnya upaya penyelamatan perusahaan.
Ia menilai perlunya restrukturisasi perusahaan agar kinerja Krakatau Steel menjadi optimal. Oleh karena itu, restrukturisasi mulai dijalankan sejak Januari 2019.
Ada 4 hal dalam restrukturisasi tersebut yakni penjualan asset non core, mencari mitra strategis, spin off atas unit/divisi yang semula cost center menjadi profit center dan merampingkan organisasi agar tidak birokratis dan lincah.
Khusus dua poin terakhir, inilah yang berkaitan dengan karyawan. Silmy mengatakan bahwa upaya penyelamatan Krakatau Steel turut melibatkan anak-anak usaha.
"Saya mengajak seluruh anak usaha KS untuk gotong royong bersama-sama menyelamatkan KS karena ini industri yang strategis," ujarnya saat berbincang dengan Kompas.com, Sabtu (22/6/2019).
Ia lantas menjelaskan dua poin terakhir dalam restrukturisasi Krakatau Steel. Perampingan Dua hal ini langsung berkaitan dengan karyawan sebab menurutnya banyak hal yang perlu direstrukturisasi, termasuk struktur perusahaan.
Spin off unit atau divisi merupakan titik awal dari perampingan struktur di Krakatau Steel. Tujuannya yakni untuk mengoptimalkan unit atau divisi kerja di Krakatau Steel. (Kompas.com/Yoga Sukmana)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Isu PHK Karyawan, Ini Penjelasan Dirut Krakatau Steel", dan sumber media ini https://kupang.tribunnews.com.

Redaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar