Ribuan Personil Pengamanan Gabungan di Libatkan Dalam Operasi Ketupat Seligi 2018 - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 16 Juni 2018

Ribuan Personil Pengamanan Gabungan di Libatkan Dalam Operasi Ketupat Seligi 2018

BATAM - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Riau, Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH, memimpin apel pasukan Operasi (OPS) Ketupat Seligi 2018,terkait pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 1439 hijriah, di lapangan engku putri Batam Centre, Rabu, 6 Juni 2018.
Didid dalam sambutannya membacakan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian, mengatakan, sebagai salah satu operasi kepolisian terpusat, Operasi Ketupat Tahun 2018 diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda jajaran selama 18 hari mulai tanggal 07 s.d 24 Juni 2018.
Operasi ini melibatkan sebanyak 173.397 personel pengaman gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda, serta Stakeholders terkait dan elemen masyarakat lainnya.
Dikatakannya, rencana operasi disusun melalui serangkaian evaluasi terhadap pelaksanaan operasi Ramadniya pada tahun 2017 disertai analisa potensi gangguan kamtibmas di tahun 2018. Sehingga pada pelaksanaan operasi tahun ini setidaknya terdapat 4 potensi kerawanan yang harus diwaspadai bersama.
Potensi kerawanan pertama adalah, stabilitas harga dan ketahanan pangan, Potensi kerawanan kedua adalah permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik, Potensi ketiga yang harus diantisipasi adalah potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya seperti curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong, begal, dan hipnotis, dan Potensi yang keempat adalah ancaman tindak pidana terorisme.
Terkait ancaman tindak pidana terorisme, saya menekankan kepada seluruh Kasatwil untuk terus meningkatkan kegiatan deteksi intelijen yang diimbangi dengan upaya penegakan hukum secara tegas melalui optimalisasi peran Satgas Anti Teror di seluruh Polda jajaran.
“Disamping itu pengamanan tempat ibadah, pusat keramaian, Mako Polri, serta aspek keselamatan personel pengamanan harus menjadi perhatian. Perkuat pengamanan pada objek-objek tersebut dan laksanakan pendampingan personel pengamanan oleh personel bersenjata”, ujarnya.
Khususnya dalam mewujudkan keamanan secara umum, saya perintahkan kepada seluruh jajaran untuk terus-menerus meningkatkan kerjasama dengan rekan-rekan TNI serta stakeholder terkait lainnya.
Selesai melaksanakan apel gelar pasukan, kapolda kepri beserta gubernur provinsi kepri serta unsur pimpinan daerah beserta forkopimda meninjau langsung kesiapan pos pengamanan dan pos pelayanan di pelabuhan domestik sekupang.
Kapolda beserta rombongan berinteraksi dengan beberapa orang penumpang dan melaksanakan pengecekan alat-alat keselamatan di kapal.
Selanjutnya rombongan meninjau kesiapan pos pengamanan dan pelayanan di bandara hang nadim, pada kesempatan tersebut kapolda kepri juga meninjau kesiapan tim gabungan bnnp provinsi kepri, bid dokkes polda kepri, dit resnarkoba polda kepri, avsec bandara hang nadim, dan dinas kesehatan provinsi kepri yang selanjutnya akan melakukan pemeriksaan urine terhadap para pilot dan crew penerbangan.
Kegiatan Apel tersebut dihadiri, Gubernur Provinsi Kepri, Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Segenap Unsur Pimpinan Daerah Kepri, Forkopimda Kepri , Para Pejabat Instansi Sipil dan TNI Beserta Jajaran , Anggota Polri Polda Kepri dan Jajaran. (red/humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot