Mantap, BNI Luncurkan Kartu Pekerja Indonesia-Singapura - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Senin, 05 Desember 2016

Mantap, BNI Luncurkan Kartu Pekerja Indonesia-Singapura

SINGAPURA -  Khabar gembira kembali datang bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Singapura. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura meluncurkan Kartu Pekerja Indonesia-Singapura (KPIS).

Tujuan diterbitkannta kartu ini adalah untuk memudahkan para pekerja Indonesia di Singapura dalam mengakses informasi terkait ketenagakerjaan serta menjadi kartu perlindungan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), khususnya di Singapura.

Kartu yang sama juga berfungsi sebagai kartu anjungan tunai mandiri karena diterbitkan sebagai kartu Co-Branding Berbasis Kartu Debit BNI. Demikian keterangan resmi BNI yang diterima Minggu (4/12/2016).

Peluncuran KPIS ini dilaksanakan di KBRI Singapura, Minggu. Acara tersebut dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo, Duta Besar RI untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya, Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Riswinandi, dan Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto.

Suprajarto menjelaskan Kartu KPIS Co-Branding Berbasis Kartu Debit BNI ini dapat menjadi bukti identitas pekerja Indonesia di Singapura dan dapat juga menjadi kartu finansial.

Kartu ini memberikan kemudahan bertransaksi perbankan dengan ATM BNI ataupun bank lain di Singapura, bertransaksi dengan SMS banking dan mobile banking, transaksi belanja di mesin electronic data capture (EDC), serta sarana kiriman uang ke Indonesia.

Dia menjelaskan, BNI juga memiliki berbagai program pemberdayaan TKI dan keluarga TKI yang dilaksanakan di dalam negeri atau program Keluarga Migran Indonesia (Kami).

Program "Kami" tersebut didesain secara komprehensif, mencakup program selama periode pre-departure (atau sebelum keberangkatan menuju negara tujuan kerja), selama periode bekerja di luar negeri, serta selama periode menuju kembalinya tenaga kerja Indonesia ke Tanah Air.

Bekerja sama dengan Sekolah Indonesia Singapura dan KBRI, BNI turut berperan dalam pemberian beasiswa serta bantuan peralatan pelatihan kewirausahaan kepada pekerja migran Indonesia dengan total bantuan sebesar 43.300 dollar AS.

Selain itu, BNI juga memiliki program yang ditujukan kepada TKI yang telah bekerja di luar negeri dan akan pulang ke Tanah Air, yakni pembekalan keterampilan berwirausaha.


red / sumber Kompas.com