Dua Mandor Buruh Pelabuhan Ditangkap Tim OTT Pungli - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 25 Oktober 2016

Dua Mandor Buruh Pelabuhan Ditangkap Tim OTT Pungli

MAKASAR - Tim Operasi Tangkap Tangan (OTT) Polda Selawesi Selatan menangkap dua mandor
di berinisial HN dari PT BTS dan MT dari BSW di wilayah Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.

Wakil Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel, AKBP Yuliar Kus Nugroho mengatakan, kedua mandor tertangkap melakukan manipulasi jumlah buruh.

Modusnya, buruh yang dipekerjakan mengangkat barang tidak sesuai dengan jumlah yang dibayarkan pihak kapal pengangkut barang.

Ia menjelaskan, kedua mandor terlibat pada jasa pengangkutan barang di dua kapal berbeda. HN terlibat manipulasi jumlah buruh untuk muatan barang kapal Pasifik Samudera HN dari PT BTS

"Dari 18 orang (buruh) yang diturunkan cuma tujuh orang. Sedangkan MT dari PT BSW, untuk jasa angkut barang dari Kapal Nene Malomo yang dibayar untuk 18 orang, hanya 11 orang yang dikerahkan," urai Yuliar, Selasa (25/10/2016).

Dijelaskannya, praktek demikian tidak hanya merugikan pihak kapal. Tetapi juga mengganggu kestabilan ekonomi. Seperti menyebabkan antrian panjang pengangkutan barang yang melebihi batas waktu yang ditentukan.

"Mereka diamankan dan sementara masih kita dalami keterlibatannya," kata Yuliar.

Barang bukti penangkapan tersebut berupa uang tunai sejumlah Rp400 ribu dan buku dokumen data buruh. Saat ini kedua tersangka masih menjalankan pemeriksaan intensif oleh penyidik.

red / Rakyatkunews

Post Top Ad

Your Ad Spot