Home » » Walikota Surabaya "Risma" Tawarkan Program Aplikasi ke Pemko Batam

Walikota Surabaya "Risma" Tawarkan Program Aplikasi ke Pemko Batam

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Sabtu, 16 Juli 2016

BATAM - Pemerintah Kota Surabaya menjadi daerah yang berhasil memanfaatkan teknologi untuk pembangunan dan memberikan layanan kepada masyarakat. Beragam kemudahan dapat ditemukan dengan elektronik, seperti e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Controlling, e-Delievery, e-Health, e-Projeck, e-Procurement, e-Performance dan lain sebagainya.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengakui, membangun aplikasi dengan pemanfaatan teknologi seperti saat ini diperlukan modal yang sagat kecil. Tinggal kemauan dari dinas atau pemerintah setempat mau mengembangkannya.

Dalam kunjungannya ke Kantor Walikota Batam, Risma bercerita awal membangun layanan menggunakan teknoloigi tersebut. Modal yang terbatas namun pembangunan itu semua dapat terwujud.

“Caranya bagaimana. Awalnya saya memanggil mahasiswa semester akhir itu untuk buat aplikasi. Saya gaji dia, tiga bulan harus selesai. Nah akhirnya selesai,”ujar Risma dihadapatn Walikota Batam Rudi dan Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad serta jajaran SKPD Batam, Kamis (14/7).

Bahkan ia menawarkan, bila Pemerintah Kota Batam ingin mendapatkan aplikasi tersebut akan diberikan secara Cuma-Cuma.

“Kalau bapak bapak mau saya berikan. Kalau mau. Lah ini saya buat biayanya kecil,” Tanya Risma

“Mau” dijawab serentak para pimpinan SKPD Batam.

Risma juga mengatakan, Pemko Surabaya dan Batam tidak menutup kemungkinan pertukaran pegawai untuk memudahkan seluruh kinerja yang ada di masing-masing daerah. Sebab, bila aplikasi tersebut diadopsi tentu ada pelatihan juga diberikan kepada pelaksananya nanti, seperti kepada pegawai hingga ke masyarakat.

Ia mencontohkan, e-Health harus diajarkan ditengah masyarakat untuk menggunakannya, khususnya pada perangkat RT dan RW. Dimana salah satu funginya mendapatkan nomor antrian di rumah sakit hanya melalui handphone.

Sementara Rudi memastikan seluruh jajaran SKPD akan berangkat ke Surabaya untuk belajar tentang itu semua. Ini harus diterapkan juga di daerah agar Batam dapat terwujud sebagai kota smart city.

“Kita akan agendakan ke sana. Belajar satu hari penuh,” katanya. 


(sumber :  Media Center Batam)
Share this post :

Facebook Comments