Home » » Astaga, Proyek PGN Batam Ancam Nyawa Warga Tanjung Uncang

Astaga, Proyek PGN Batam Ancam Nyawa Warga Tanjung Uncang

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Jumat, 25 September 2015

Pekerjaan X-ray Dilakukan di Depan Rumah Warga

Batam,Buruhtoday.com - Proyek pemasangan pipa Perusahaan Gas Negara(PGN) Batam yang berlokasi dipersimpangan tiga Dray Dock Work Tanjung Uncang sangat membahayakan warga setempat. Pasalnya kontraktor NDT Inspection PGN itu melakukan x-ray pada titik sambungan pipa didepan rumah warga dengan tidak melakukan pemberitahuan terlebih dahulu dan papan tanda bahaya.

"Tadi pagi sekitar pukul 05.00 WIB, saya bangun tidur karena mendengar ada orang, lalu saya keluar dan melihat ada dua orang berdiri didepan rumah. Saat mau menghampiri, mereka langsung bilang, 'Awas pak, bahaya radiasi. harap menjauh." kata Purba pemilik rumah menirukan sentakan suara kedua operator NDT x-ray itu padanya.Jumat(25/9/2015) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Ia juga mengaku bahwa pihak dari kontraktor tidak memberitahu akan adanya pengerjaan x-ray didepan warung rumah miliknya, sementara ia dan istrinya serta 6 orang tetangganya semalaman tidur nyeyak didalam rumah yang berjarak 2 meter dari titik lokasi pengerjaan x-ray.

"Pemberitahuan tidak ada sama sekali, makanya saya dan istri serta enam orang tetangga tidak tahu akan adanya pengerjaan x-ray." tuturnya.

Diwaktu yang bersamaan, Efendi Sitorus menambahkan bahwa pengerjaan x-ray itu sangatlah berbahaya bagi kesehatan manusia. Karena untuk galangan kapal saja saat melakukan x-ray, seluruh karyawan disuruh istirahat dan menjauh.

"Wah, bahaya itu Bang, digalangan kapal saja kalau ada yang mau di x-ray karyawan disuruh untuk menjauh sampai 50 meter. Apalagi ini yang jaraknya sangat dekat, gimana kalau ada yang hamil." ucap Efendi.

Sementara, Agus manager PT Putra Jaya Sukses Mandiri sebagai perusahaan pemenang tender dari PGN saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa dirinya tidak mengetahui perusahaan subcon yang melakukan x-ray dilapangan, karena hal itu sudah diserahkannya kepada subcontraktor pelaksana pekerjaan lapangan yakni PT Adi Karya Sejati.

"Saya tidak tau akan hal itu, karena yang urusin itu orang lapangan." kata Agus melalui via telepon seluler miliknya.

Ia juga menyarankan untuk konfirmasi langsung kepada perusahaan NDT x-ray pelaksananya, karena menurut dirinya yang lebih mengetahui prosedur pengerjaannya adalah perusahaan NDT tersebut.
Namun saat ditanya nama perusahaan NDT yang melaksanakan pengerjaan dilapangan, Agus berjanji akan memberitau nama perusahaan NDT tersebut melalui pesan singkat setelah mempertanyakan dulu pada pelaksana lapangan yang merekrutnya.

"Nanti akan saya kabari nama perusahaannya pak. Tunggu aja sebentar, saya tanya dulu pelaksana lapangan."ujarnya.

Hingga berita ini diunggah Agus yang berjanji akan memberitaukan nama perusahaan NDT x-ray tersebut belum juga mengirimkan nama perusahaan yang bersangkutan. (Don).

Untuk Diketahui Pengaruh Radiasi Gamma (X-ray)

Radiasi gamma mulai giat diteliti selama Perang Dunia II, hingga menghasilkan senjata pemusnah massal, nuklir. Dari ledakan nuklir yang pernah terjadi, sinar gamma merupakan efek yang paling besar yang dihasilkan oleh sebuah ledakan nuklir.

Selanjutnya, sinar gamma mulai digunakan dalam berbagai kegiatan, seperti; pengobatan kanker melalui radiasi, pelacakan aliran fluida, pencarian sumber-sumber alam, sterilisasi peralatan medis, dan pemetaan geodesi. Semua kegiatan ini memanfaat sifat dari sinar gamma yang memiliki energi sangat tinggi dan daya jangkauan lebih jauh.

Konsekuensinya adalah sangat sulit untuk mengembang sejenis perisai untuk melindungi tubuh dari radiasi tersebut. Seperti sinar-X, sinar gamma juga dapat melalui hampir semua material bahan. Radiasi sinar gamma diukur dalam satuan millirem (mrem). Berdasarkan pengamatan, dilingkungan normal setiap orang sedikitnya terkena paparan radiasi sebanyak 25 mrem.

Paparan radiasi meningkat menjadi 5 ribu mrem yang banyak dirasakan oleh orang-orang yang bekerja dilingkungan radioaktif dengan tingkat perlindangan maksimum. Ambang batas normal dari tingkat paparan radiasi ditetapkan sebesar 10 ribu mrem. Jika melebihi batas ini, maka akan menimbulkan dampak yang luar biasa bagi kesehatan  seperti yang pernah terjadi pada penderita radiasi akibat bom nuklir yang dijatuhkan di Jepang pada masa Perang Dunia II. Sinar gamma dapat memberikan dampak yang sungguh luar biasa bagi kesehatan, seperti:
  •     Dapat menyebabkan kanker, misalnya kanker kulit dan tulang
  •     Rusaknya jaringan sel tubuh
  •     Mutasi genetik sehingga mempengaruhi generasi yang akan lahir (net)

Share this post :

Facebook Comments