Home » , » Schlumberger Ltd Akan PHK 9000 Karyawannya Terkait Turunnya Harga Minyak Dunia

Schlumberger Ltd Akan PHK 9000 Karyawannya Terkait Turunnya Harga Minyak Dunia

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Jumat, 16 Januari 2015

New York,Buruhtoday.com -  Perusahaan nomor satu di dunia yang juga penyedia jasa lapangan minyak yakni Schlumberger Ltd mengaku akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada 9000 orang karyawannya terkait jatuhnya harga minyak dunia yang tercatat turun sekitar 60 % sejak Juni 2014 ke kisaran US$ 47 per barel.
 
Mengutip laman Reuters, Jumat (16/1/2015), angka tersebut setara tujuh persen dari total seluruh tenaga kerjanya. Schlumberger kini tengah fokus mengendalikan pengeluaran dalam merespons harga minyak dunia yang terus menerus menurun.

Perusahaan tersebut telah mengumumkan kebutuhan US$ 1 miliar di akhir tahun terkait dengan pemangkasan total tenaga kerja dan menghentikan bisnis seismiknya.

Para pengusaha minyak yang menjadi konsumen Schlumberger juga telah memangkas belanja modal dan mengurangi jumlah pengeborang di tengah kemerosotan harga minyak 60 persen dalam enam bulan terakhir.

Sejumlah analis di Barclays mengatakan, pekan lalu banyak perusahaaan minyak memangkas 30 persen pengeluaran di sektor eksplorasi dan produksi di Amerika Utara. Hal itu bisa terjadi jika harga minyak mentah tidak berhasil kembali ke kisaran US$ 50 - US$ 60 per barel.

"Dalam situasi yang tidak pasti, kami akan fokus pada apa yang bisa kami kendalikan. Kami telah melakukan sejumlah tindakan guna merestrukturisasi dan menakar ulang kemampuan perusahaan dan hasilnya seperti itu," ungkap CEO Schlumberger Paal Kibsgaard.

Sekadar informasi, Schlumberger merupakan perusahaan penyedia perlengkapan dan teknologi pengeboran. Perusahaan tersebut melaporkan kemungkinan penurunan laba akhir tahun ini.

(sumber Liputan6.com)
Share this post :

Facebook Comments