Home » , , » Buruh : Demo UMK 2015 Berujung Rusuh, Karena Pernyataan Wali Kota Batam " Ahmad Dahlan "

Buruh : Demo UMK 2015 Berujung Rusuh, Karena Pernyataan Wali Kota Batam " Ahmad Dahlan "

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Rabu, 19 November 2014

Batam,Buruhtoday.com - Buruh yang tergabung di 4 (empat) serikat pekerja di kota Batam yakni SPSI,FSPMI,SBSI,SPN kembali melakukan aksi demo,mereka menuntut kenaikan UMK 2015 didepan kantor Wali Kota Batam, Aksi tersebut akhirnya berujung rusuh karena Walikota "Ahmad Dahlan " mempertahankan usulan UMK sebesar Rp 2.664.302 yang sudah dikirim kekantor Gubernur Kepri berdasarkan kesepatakan bersama.

Meskipun hujan deras yang turun sejak pagi mengguyur Kota Batam, tidak mempengaruhi semangat ribuan buruh untuk melakukan aksinya dalam memperjuangkan UMK 2015. Mereka datang dengan mengendarai sepeda motor dari berbagai tempat kawasan Industri dikota Batam, hal inilah yang membuat rauas jalanan menjadi macet, apalagi diruas jalan sekitar dataran Engku Putri, sehingga pihak kepolisian dari Polresta Barelang pun melakukan penutupan jalan disejumlah titik-titik area gedung pemerintahan tersebut.

Aksi demo yang dilakukan ribuan buruh tersebut awalnya berjalan damai, meskipun mereka berbeda warna atau bendera, namun tujuan mereka adalah satu, yaitu menuntut UMK 2015 agar direvisi kembali. setiap perwakilan buruh itu pun secara bergantian menyampaikan orasinya sebelum terjadi rusuh.

Walikota 'Ahmad Dahlan" saat menemui para buruh dan mengatakan " saya telah mendengar aspirasi teman-teman buruh, dan untuk merevisi UMK 2015 tersebut yang sudah dikirim ke Gubernur, saya tidak bisa, karena hal tersebut sudah menjadi kesepakatan bersama, jadi berdoalah semoga para buruh di Batam tetap sejahtera." jelasnya. 

Mendengar perkataan yang dilontarkan Walikota Ahmad Dahlan tersebut buruh langsung emosi dan melempari botol air mineral, batu dan kayu ke arah petugas dan Walikota. melihat situasi semakin memanas akhirnya pihak kepolisian membubarkan aksi demo tersebut dengan paksa menggunakan semburan air dan gas air mata.

Pantauan Buruhtoday.com  dilokasi depan gedung Walikota Batam sampai pukul 17.00 Wib, pihak kepolisian sudah berhasil mengaman situasi demo buruh. (Redaksi)
Share this post :

Facebook Comments