Home » , » Kebakaran Bengkong Hanguskan 14 Rumah dan 12 Sepeda Motor

Kebakaran Bengkong Hanguskan 14 Rumah dan 12 Sepeda Motor

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Sabtu, 07 Juni 2014

Batam,Buruhtoday -  Sebanyak 14 rumah liar (ruli) dan 12 sepeda motor ludes terbakar di ruli Bengkong Garama RT 03 / RW 06, Kelurahan Bengkong Laut kamis (5/6),
 
Sebelumnya sebanyak 20 unit bangunan kios barang sekenan di pinggir jalan Tanjung Sengkuang Batuampar, ludes terbakar, Selasa (3/6). Kebakaran yang diduga akibat hubungan arus pendek ini menghanguskan semua barang dan bangunan di 20 unit bangunan kios dan tempat usaha jualan barang seken.

Kebakaran yang terjadi di ruli Bengkong Garama itu juga diduga karena sambung arus pendek atau korslet listrik.

“Api sangat besar dan cepat merambat. Angin cukup kencang makanya susah dipadamkan,” kata Jefri salah satu korban kebakaran.

Tidak hanya rumah yang ludes terbakar, 12 Unit sepeda motor milik warga juga ikut terbakar. “Tujuh sepeda motor milik show room, lima lainnya milik warga,” kata Kapolsek Bengkong AKP Hadi Sucipto di lokasi kejadian.

Warga yang menyaksi musibah kebakaran itu tak bisa berbuat banyak. Karena kobaran api sangat besar.  Warga yang panik langsung berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan kemudian melaporkan peristiwa kebakaran ke polisi. Tak lama berselang, delapan unit mobil penanggulangan bahaya kebakaran (PBK) dari BP Batam dan Pemko Batam terjun ke lokasi kejadian.

Proses pemadaman sedikit mengalami kendala karena akses jalan di TKP yang sempit. Petugas PBK hanya bisa memadamkan api dari pinggir jalan besar, api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian.”Api diduga akibat korsleting listrik dari salah satu rumah warga,” Kata AKP Hadi Sucipto.

“Ada 93 jiwa yang tinggal di TKP, sebagian besar adalah penghuni kos-kosan. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” tambah Hadi.

Lurah Bengkong Laut, Wendy S Pratama mengatakan pihaknya sudah mendata warga yang menjadi korban kebakaran, sementara waktu mereka akan ditempatkan di posko kebakaran yang tak jauh lokasi kejadian.”Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk bangun posko siang nanti,” kata Wendy.

Dalam kebakaran hebat itu Sial juga dialami Dahlia pemilik rumah makan Padang yang selamat dari amukan sang jago merah itu. Saat dia sibuk membangunkan warga karena kebakaran itu, dompetnya berisikan uang Rp2,5 juta lenyap diambil orang tak dikenal.

“Saya mau belanja tadi, tapi kaget dengan kebakaran ini, saya pergi bangun tetangga, dompet saya ketinggalan di Warung. Saat saya pulang dompet saya sudah tak ada lagi,” ujar Dahlia.

Dahlia pun langsung melaporkan kehilangan itu ke pihak kepolisian yang ada di lokasi kejadian. “Niat mau bantu, malah ketiban sial pula,” keluah Dahlia.

Sumber Riau Pos
Share this post :

Facebook Comments