Home » » PT Jutam Redymix Buang Limbah Sisa Semen Ke Danau, Bapelda Kota Batam Tutup Mata

PT Jutam Redymix Buang Limbah Sisa Semen Ke Danau, Bapelda Kota Batam Tutup Mata

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Rabu, 26 Maret 2014

Batam,Buruhtoday – Salah satu perusahaan di daerah Kawasan Industry Sekupang masih terus saja melakukan pembuangan limbah jenis B3 ke danau yang banyak penduduknya. Meskipun beberapa media online Batam pada tahun 2013 lalu sudah memberitakan perusahaan tersebut, namun hingga saat ini PT Jutam Redymix belum mendapatkan sanksi atau teguran pihak Bapelda Kota Batam.(26/3).

Akibat dari pembuangan limbah jenis sisa obat semen yang dilakukan oleh pihak PT Jutam ke danau yang ada diluar tembok perusahaan itu,mengakibat warga di sekitar yang mengunakan air danau tersebut menjadi korban penyakit infeksi kulit yang mengakibatkan kulit menjadi memerah.

Salah satu warga ‘katakan saja An’ yang tinggalnya tidak jauh dari perusahaan tersebut mengaku sudah pernah mendatangi mangemen perusahaan (10/1/13) guna mempertanyakan terkait pembuangan limbah jenis sisa obat semen redymix tersebut ke danau tersebut, namun pihak perusahaan mengelak dan sempat mengatakan arogan kepada dirinya.

Sedangkan ‘An’datang pada saat itu,dikarenakan Dirinya dan keluarganya mengalami rasa gatal-gatal akibat infeksi kulit dan menimbulkan kemerah-merahan.dan meminta pertanggungjawaban biaya berobat dari yang ditimbulkan limbah perusahaan.

Karena perlakukan perusahaan yang arogan dan tidak ada etikat baiknya, lalu 'An' pun tidak dapat berbuat apa-apa karena sudah dihantui ketakutan karena perusahaan tersebut arogan menjamunya pada saat itu. ‘An’ berharap ada orang yang benar-benar membelanya dan melaporkan perusahaan tersebut kepihak  Bapelda Kota Batam supaya PT.Jutam Redymix di tegur karena telah membuang limbah dengan sembarangan.

“ Siapa berani membongkar kasus buangan limbah di kampung kami,silahkann aja..." ucapnya.

Saat saya mendatangi perusahaan PT Jutam Redymix guna meminta pertanggung jawaban akibat limbah tersebut,yang mengakibatka rasa gatal dan ke merahan di kulit tangan yang kami rasakan sekeluarga saat itu sehingga mengharuskan saya membawa berobat ke rumah sakit OB di sekupang.

Saya tinggal di pinggir danau ini pak, sementara perusahaan itu dengan seenaknya saja melakukan pembuangan limbah sisa obat semen redymix miliknya itu ke danau, sementara banyak juga mayarakat di sekitar daerah ini yang menggunakan air danau.katanya pada media ini (24/3/14)

Dan ada juga yang mata pencarianya sebagai nelayan, maka dari itu kami warga yang ada disekitar danau kawasan industry sekupang meminta pada pihak instansi terkait Bapedal Pemko Batam segera menindak buangan limbah PT tersebut.

Karena sejak kejadian yang menimpa keluarga saya, hingga saat ini pertanggung jawaban PT tersebut tidak pernah  di penuhi bahkan pihak perusahaan mengelak dan sempat mengatakan arogan kepada saya, dan yang lebih parah nya lagi kegiatan buangan limbah sisa obat semen tersebut masih berlangsung hingga saat ini.jelasnya.

Selain 'AN' warga yang menuntut akan akibat buangan limbah tersebut, salah seorang mantan karyawan PT Jutam Redymix pun turut menyesali tindakan pihak perusahaan tersebut, yang mana perbuatan perusahaan tersebut dengan semena-mena melakukan pembuangan limbah ke danau yang banyak penduduknya. dan selaku mantan pekerja diperusahaan tersebut yang sejak 2 tahun lamanya, Dia mengakui bahwa hal tersebut  atas perintah pimpinan untuk membuang limbah tersebut melalui saluran pipa ke danau yang berdekatan dengan masyarakat sekitar,tegas 'NN'

Hingga sampai saat ini kegiatan pembuangn limbah tersebut masih tetap berlangsung dan sebagian masyarakat sekitar mengakui rasa ketakutannya jika hal tersebut di adukan pada pemerintah dan yang berwajib sebab kegiatan tersebut sejatinya telah di ketahui Bapedal Kota Batam dan aparat Polsek sekupang. namun di duga sudah ada kong-kalikong dengan pihak terkait dengan sejumlah dana. karena pemilik perusahaan tersebut di kenal dekat dengan aparat.

Red/Mrbn 86




Share this post :

Facebook Comments