Home » » 4 Tips Sukses Berdagang Ala Cina

4 Tips Sukses Berdagang Ala Cina

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Senin, 27 Januari 2014

Buruhtoday -Anda pasti penasaran kenapa toko orang cina selalu rame pembeli meskipun banyak saingan disekitar mereka.   Hal tersebut karena kalangan Tionghoa selalu mengunakan prinsif dan tips dalam berdagang.    Prinsif  tersebut adalah ‘Semakin cepat perputarannya, semakin tipis keuntungannya.  Semakin besar untungnya, semakin pelan perputarannya’.   Hal tersebut,  karena apapun usaha yang Anda lakukan,   pasti ada produk yang laku keras dan ada produk yang labanya besar.   Jadi Anda harus menemukan serta menjual produk yang laku keras dan produk yang labanya besar

Setelah anda menemukan produk yang perputarannya cepat,   maka keuntungan dari produk tersebut dapat  Anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup anda sehari-hari.  Sedangkan untuk produk yang marginnya besar,   keuntungannya dapat Anda gunakan untuk kebututuhan tertier seperti   untuk menyicil kendaraan atau bayar uang sekolah.    Jadi perputaran dan margin adalah rahasia kesuksesan dalam berdagang.

Setelah Anda mengetahui prinsif dagang tersebut,  Anda tinggal mengkombinasikan antara barang cepat laku dengan barang yang untungnya banyak.  Jika modal Anda besar maka gunakan 70% untuk menjual barang laba besar dan 30% barang laku keras.   Sebaliknya jika modal anda sedikit, gunakan 70% untuk menjual barang yang perputarannya cepat sambil pelan-pelan mengumpulkan modal untuk di investasikan di produk laba besar.

Dan satu hal yang pasti,   Anda jangan terus-terusan menjual barang yang keuntungannya sedikit tapi laku keras karena Anda tidak akan memiliki masa depan.   
Selain prinsif tersebut,  beberapa tips berdagang ala Cina ini  juga dapat menjadi referensi bagi  Anda  yakni :
 
1. Pandai Membaca Peluang
 
Orang Cina biasanya bisa membaca peluang menjadi bisnis yang menghasilkan uang,   contohnya menjelang hari raya mereka menjual baju-baju muslim dan mendekati Imlek menjual gaun, kaos, hem yang berwarna merah atau menjual accesoris imlek seperti lilin, lampion, dan amplop angpaow.

2.  Memilih Lokasi Toko
 
Lokasi toko adalah hal yang perlu dipertimbangkan karena akan sangat berpengaruh terhadap barang dagangan yang Anda akan dijual.   Misalnya Anda buka  toko di perumahan yang sepi dan jauh dari  kota,  maka sebaiknya menjual sembako seperti gula, beras, minyak, elpiji dll.   Hal tersebut karena konsumen di perumahan pasti juga membutuhkan sembako. 

3. Penetapan Harga
 
Sebaiknya ada salah satu barang yang Anda jual sangat murah untuk menarik perhatian pembeli, sehingga mereka akan membeli barang itu.  Meskipun Anda rugi dengan satu jenis barang, tapi Anda mendapat keuntungan dengan adanya pembelian barang yang lain.
 
4. Mempromosikan Toko

Banyak sekali yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan toko,  mulai dari mencetak brosur lalu dibagi-bagikan ke rumah-rumah sekitar Anda,  mengajak tetangga baru berkenalan dan yang terpenting adalah pelayanan yang baik dan ramah. [Berbagai Sumber/A1]

(Int)

Share this post :

Facebook Comments