Home » » 1.048 Slop Rokok Diamankan Petugas

1.048 Slop Rokok Diamankan Petugas

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Senin, 29 Juli 2013

TANJUNGPINANG, Buruhtoday - Petugas Kantor Bea dan Cukai (BC) Kota Tanjungpinang, Kepri, menggagalkan penyelundupan ribuan slop rokok yang diseberangkan dari Batam menuju Tanjungpinang, Sabtu (27/7/2013) malam.

Modus penyelundupannya dengan menggunakan kapal penumpang. Ribuan rokok itu kemudian diamankan setelah diketahui tidak disertai dokumen Free Trade Zone (FTZ).

"Kami amankan barang-barang itu karena tidak memiliki dokumen. Batam termasuk kawasan FTZ. Karena itu, kalau kita ingin membawa barang keluar dari Batam, maka kita harus memiliki dokumen FTZ-nya. Lagi pula kita juga harus membayar pajaknya. Tetapi justru barang-barang itu tidak memiliki dokumennya," papar Febra, Kepala Seksi (Kasi) P2 pada Kantor BC Tanjungpinang, Minggu (28/7/2013) siang.

Febra sendiri mengaku belum mengecek secara detail barang-barang yang diamankan anggotanya itu. Namun, berdasarkan informasi yang diperolehnya, rokok yang hendak diselundupkan dari Batam ke Tanjungpinang dan kemudian diamankan itu berjumlah 1.048 slop. Rokok-rokok itu, aku Febra, bervariasi jenisnya.

"Ada yang berupa cerutu dan ada pula yang berupa cigarette. Kami belum hitung secara detail, jumlah barang-barang itu berdasarkan jenis-jenisnya," jelas Kasi P2 pada Kantor BC Kota Tanjungpinang memerincikan.

Menurut Febra, ribuan slop rokok itu dibawa dari Batam melalui pelabuhan Punggur ke Tanjungpinang dengan kapal penumpang trayek terakhir.

Sesampainya di pelabuhan Sri Bintan Pura, barang-barang itu lalu dicek oleh petugas BC Tanjungpinang dan akhirnya diamankan setelah diketahui tak memilik dokumen.
"Nanti besok kami akan panggil orang-orang yang membawa kapal tersebut," komentar Febra.

(sumber Tribun Batam)
Share this post :

Facebook Comments