Kapolda Sumut Turun Langsung di Lokasi Longsor di Desa Jangga, Personel Polres Simalungun Dan Toba Bekerjasama - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Minggu, 28 Agustus 2022

Kapolda Sumut Turun Langsung di Lokasi Longsor di Desa Jangga, Personel Polres Simalungun Dan Toba Bekerjasama


TOBA – Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak tinjau langsung tanah longsor dan banjir bandang, di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, Minggu (28/8/2022).


Kedatangan Kapolda Sumut disambut oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb bersama Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, Pj Sekda Toba Augus Sitorus, Kepala KPHL wilayah IV Balige Leonardo Sitorus, Plt Camat Lumbanjulu Herta Simanjuntak, Danramil 12 Lumbanjulu Kapten Inf Sati Husaini, Kapolsek Lumbanjulu AKP Robinson Sembiring.


Kapolda Sumut mengatakan bahwa melihat kondisi terjadinya saat itu air yang cukup deras dari atas desa Jangga Dolok, sampai ke bawah dan berakibat kepada beberapa rumah termasuk juga arus lalulintas mengakibatkan macet yang cukup panjang.


“Melihat apa yang menjadi penyebabnya, bersama wakil Bupati Toba, Kapolres Toba camat lbn Julu. Beberapa hal saya sudah sampaikan kepada Wakil Bupati ini harus segera diatasi. Pemerintah daerah harus merapatkan barisan untuk mengatasi kesulitan masyarakat kita yang tertimpa bencana ini,” sebut Kapolda Sumut Irjen pol Panca Putra Simanjuntak.


Dan bukan hanya mengatasi bencana ini, Panca menyebutkan, tetapi juga mengajak masyarakat dan membuat program untuk jauh ke depan dalam menanggulangi bencana banjir atau tanah longsor .


“Misalnya kenapa debit air yang cukup besar dari atas gunung ini, harus bisa diatasi dengan mempertahankan kondisi hutan dan alam yang ada di dalamnya. Termasuk juga, saya minta diperhatikan karena ini aliran sungai, maka perlu ada relokasi dimana masyarakat bisa tinggal. Dan inilah langkah yang dilakukan,” kata Panca Putra Simanjuntak.


Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, juga menyampaikan terimakasih kepada Kapolda Sumut atas kedatangannya. Ia pun (Pemkab Toba) akan segera melakukan pembersihan material longsor dan banjir bandang hari ini juga.


“Apa yang disampaikan oleh Pak Kapolda Sumut kita segera laksanakan. Beberapa alat sudah kita turunkan untuk melakukan pembersihan dan akan melakukan relokasi sungai Pokkahan Jangga Dolok,” ucap Tonny Simanjuntak.


Tambah Tonny Simanjuntak, Ia juga turut prihatin atas kejadian yang meruntuhkan satu unit rumah milik Ernita Boru Manurung, oleh banjir bandang.


“Kita sudah berikan bantuan berupa sembako dan lainnya. Kita akan lakukan dapur umum,” sebutnya.


Lebih lanjut, kata Wabub Toba, Pemkab Toba secepatnya akan melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk dapat menanggulangi bencana ini.


Tampak Personel Polres Toba bersama Polres Simalungun bekerjasama dalam membantu membersihkan material yang mengganggu jalan, serta bersama-sama melakukan pengaturan lalu lintas jalur lintas sumatera agar tetap lancar dan kondusif.


Pres rilis

Caisar Manalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar