Sering Disebut Media Facebook, Jangan Lupa Siapa Perintis Media Online Di Batam - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Rabu, 15 Desember 2021

Sering Disebut Media Facebook, Jangan Lupa Siapa Perintis Media Online Di Batam


BATAM - Perkembangan teknologi saat ini membuat para pewarta/wartawan di Batam lebih memilih menjadi pemilik (CEO) atau wartawan media online dibandingkan menjadi wartawan media cetak harian, mingguan dan mingguan.


Beberapa oknum wartawan yang menjadi perintis media online Batam ini layak mendapat julukan 'Petarung' lapangan. Pasalnya, mereka memiliki jiwa-jiwa petarung, meskipun saat memulai atau merintis media online itu sering disebut media sosial Facebook.


 Ilhamsah Purba, salah satu perintis media online di Batam mengaku, bahwa mereka dulunya sering berkumpul disalah satu kafe dibilangan Greenland Batam Center, setelah mencari bahan berita dari kantor-kantor intansi pemerintah.


"Setiap sore, kami selalu berkumupul kafe Mirota, untuk mengedit berita sembari menikmati secangkir coffe. Dan kafe itulah kami kami juga sering berbagi cerita duka maupun suka. Pada intinya kami kumpul disana untuk mengupdate berita." Ujar Ilham.


Masih kata Ilham, adapun nama-nama perintis media online media ini yakni :  


1. Batamtoday.com (Fransisco Nainggolan


2.Batamtime.com (Joni Fakun)


3.Swarakepri.com (Rudi Pangaribuan)


4.Kepriupdate.com (Taher)


5. Zonacybernews.com  (Ilhamsah Purba)


6. Isukepri.com (Bambang) 


7. Batamexbis.com (Zaki)


8. Buruhtoday.com (Liver Gordon Hutauruk).


Menurut Ilham, sejak 2008 lalu, dirinya dan rekan-rekan juangnya yang saat itu nongkrong di kafe Mirota melihat bahwa kemajuan teknologi digital yang semakin canggih dapat memberikan informasi cepat pada masyarakat Indonesia khususnya kota Batam. Sebab, dengan media online masyarakat kota Batam sudah dapat mendapatkan berita melalui media online menggunakan HP Android.


Ilham juga mengakui pada awal memulai media online masih labil atau bahasa sekarang disebut 'Gabtek' dengan dunia digital. Akan tetapi semangat jiwa petarung yang dimilikinya, Ia pun memberanikan diri merintis media Online Zonacybernews.com yang saat ini menjadi mediatrias.com.


Lanjutnya, semua rekan-rekan perintis media Online di Batam tersebut sampai sekarang selalu berkomitmen mendukung program - program pemerintah Kota Batam dan Kepri baik pemerintah indonesia yang menjadi barometer bangkitnya media Online di Batam.Yang mana Dewan Pers baru-baru ini telah memberikan sebuah penghargaan kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Bahwa kordinasinya terhadap media Online sangat berkontribusi mempublikasikan kegiatan Pemerintah dan menjadi reperensi berita dengan cepat di dapat informsi oleh masyarakat.


"Kita berharap dan meminta kepada pemerintah Kota Batam dan Pemerintah Kepri harus memperhatikan media Onlinen yang lahir di Kota Batam sebagai perintis media dan berdasarkan syarat yang sudah di tentukan oleh pemerintah."


"Karena dalam mempublikasikan aktivitas kegiatan pemerintah, kami juga harus menyajikan berita yang membuat masyarakat Kepri atau Batam tertarik sehingga menimbulkan minat baca. Untuk itu, para pemimpin daerah di Kepri kami harap dapat memperhatikan para perintis awal media online di Batam." Pungkasnya.


Editor don

Reporter ( Mp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar