Upah Telat Dibayar, Ratusan Buruh Berencana Mogok Kerja - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com

Post Top Ad

Selasa, 26 Januari 2021

Upah Telat Dibayar, Ratusan Buruh Berencana Mogok Kerja


BENGKALIS - Ratusan buruh tergabung dari organisasi SPPP-SPSI di perusahaan PT Meskom Agro Sarimas (MAS) akan melakukan aksi mogok kerja. Pasalnya, gaji yang diharapkan oleh para buruh kembali molor alias terlambat dikeluarkan manajemen perusahaan.


Buruh menilai, manajemen perusahaan tidak memiliki kepastian atas molornya gaji mereka. 


"Bayangkan saja, gaji yang kami harap harapkan tetapi tidak keluar juga. Jadi kami mau makan apalagi, apakah kami hanya disuruh bekerja, sedangkan hak kami tidak dikasi. Sedangkan, untuk olahan minyak dan lain lain itu setiap harinya terus beroperasi alias keluar. Jadi uangnya kemana, dan hak kami para buruh kemana," Ujar para buruh dengan kesal. Selasa (26/1/2021).


Menurut buruh, aksi mogok kerja itu mengacu berdasarakan UU No 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Kemudian, dalam Pasal 137 yang mengatur tentang  mogok kerja sebagai hak Dasar pekerja/buruh. Mengingat, sampai saat ini pembayaran upah (gaji) belum ada kepastian dari pihak Perusahaan.


"Atas dasar tersebut, buruh dari segenap pengurus sppp-spsi sudah menghimbau kepada seluruh anggotanya agar bisa ikut melakukan mogok kerja ini, sebelum hak kami dibayarkan," katanya.


Sementara, Humas PT Meskom Agro Sarimas Didit saat dikonfirmasi awalnya membenarkan akan adanya aksi mogok kerja para buruh tersebut. Akan tetapi aksi itu akan batal karena upah mereka akan segera dibayarkan.


"Aksi Mogok batal mas, untuk gaji desember paling lambat tanggal 29 Januari 2021 dibayarkan. Ada permasalahan keuangan digroup," kilahnya.


Sumber berita https://m.riau24.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar