Rudi : Sektor Industri Di Batam Mulai Bergeliat - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Senin, 20 Juli 2020

Rudi : Sektor Industri Di Batam Mulai Bergeliat

BATAM - Sektor industri di Batam kembali bergeliat. Hal itu bisa dilihat dari sejumlah perusahaan yang mulai menambah jam kerja atau over time karyawannya, setelah beberapa bulan terakhir hanya menerapkan jam kerja normal karena dampak corona virus disease (Covid-19).

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan sejak adanya Covid-19 hampir semua kegiatan usaha terkena dampak nya, tak terkecuali industri Batam. Dimana pasokan bahan baku dari luar negeri sempat terhambat, karena beberapa negara menerapkan lockdown.

“Kita bersyukur saat ini industri di Kota Batam mulai menggeliat kembali. Beberapa perusahaan sudah kembali menambah jam kerja atau lembur agar bisa memenuhi permintaan dari luar,” kata Rudi, Senin (10/7).

Dijelaskan bahwa perusahaan tidak saja menambah jam kerja, tapi beberapa diantaranya sudah mulai juga kembali merekrut karyawan untuk memenuhi target pesanan dari Eropa, Jepang dan negara lainnya. Hal ini tentunya menjadi tren yang positif bagi ekonomi Kota Batam.

Laporan yang diterima nya bahwa industri di Batam khususnya sektor manufaktur memang berangsur kembali normal. Namun kendati demikian pihaknya terus mengingatkan agar perusahaan tetap melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana imbauan Pemko Batam.

“Sudah beberapa bulan ini perusahaan buka terus. Ini membuktikan pesanan kembali lancar pasca tersendat beberapa bulan sejak Covid-19,” jelasnya.

Mengenai dampak resesi terhadap sektor industri dan tenaga kerja, Rudi menyebutkan hingga saat ini tidak ada berpengaruh. Untuk produksi barang yang ada di Batam tidak dikirim untuk perusahaan yang ada di Singapura.

“Barang yang diproduksi hanya dipasarkan melalui Singapura, sehingga tidak berdampak terhadap pesanan barang yang diproduksi di Batam,” kata Rudi.


Sumber : https://mediacenter.batam.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar