Kota Batam Diguyur Hujan, Air Waduk Bertambah Tinggi - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Sabtu, 20 Juni 2020

Kota Batam Diguyur Hujan, Air Waduk Bertambah Tinggi

BATAM - Satu pekan terakhir Kota Batam diguyur hujan. Berdasarkan informasi Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, hujan ini merupakan hujan buatan.

“Jadi kita pakai teknologi modifikasi cuaca (TMC). Supaya air waduk bertambah ketinggiannya,” kata Rudi di Mukakuning, Jumat (19/6).

Hujan buatan ini sudah berlangsung sejak 11 Juni lalu. Dan rencananya akan terus dilakukan selama satu bulan, hingga 11 Juli mendatang.

BP Batam, sambung Rudi, menargetkan penambahan ketinggian waduk sebanyak 10 cm. Dan menurut informasi, dalam waktu sepekan pertama saja sudah bisa menambah sekitar 9 cm.

“Target 10 cm itu minimalnya. Kalaupun nanti lewat 10 cm, tetap akan dilanjutkan karena kontraknya sebulan,” ujarnya.

Selain menerapkan TMC, pembersihan waduk dari tanaman eceng gondok juga masih rutin dilaksanakan. Setiap hari eceng gondok yang ada di sumber air warga Batam ini dipotong dan dibawa keluar dari waduk. Bahkan untuk membersihkan eceng gondok ini, BP Batam juga sudah membeli mesin khusus.

“Itu solusi jangka pendek untuk menjaga ketersediaan air baku kita. Diperkirakan bisa memperpanjang waktu 4-5 bulan. Untuk jangka panjang kita sudah interkoneksi, kita buka dari waduk Tembesi ke Duriangkang. Itu bisa tahan 4-5 bulan juga. Artinya sampai awal tahun depan masih bisa. November kita mulai lelang untuk pengelolaan, sehingga nanti DAM kita ini dikelola profesional,” papar Rudi.


(Sumber dari link : https://mediacenter.batam.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar