Pemko Tanjungpinang Serahkan Seragam dan Perlengkapan Sekolah Gratis - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Senin, 16 Desember 2019

Pemko Tanjungpinang Serahkan Seragam dan Perlengkapan Sekolah Gratis

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang menyerahkan seragam dan perlengkapan Sekolah gratis secara simbolis, di Aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Senin (16/12/2019) pagi. 
Rasa syukur terucap oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd atas terlaksana salah satu program yang telah dijanjikannya sejak masa kampanye pada periode 2018-2023 lalu.
“Alhamdulillah, janji sudah kami tunaikan, seragam dan perlengkapan Sekolah gratis ini merupakan salah satu janji politik saya bersama Bu Rahma sewaktu kampanye Pilwako yang lalu, untuk itu, kita semua patut bersyukur, karena seragam dan perlengkapan sekolah ini sudah terealisasi, dan tentunya awal semester genap nanti, seluruh siswa baru di kelas 1 (SD) dan kelas 7 (SMP) sudah dapat mengenakan pakaian seragam ini,” ungkap Syahrul.
“Meskipun ada keterlambatan dengan proses yang begitu panjang, dimulai dari penerbitan Peraturan Wali Kota (Perwako), hingga uji laboratorium untuk bahan yang digunakan, namun semuanya telah dilalui,” tutur Syahrul.
Dikatakan Syahrul, masyarakat Indonesia, khususnya Tanjungpinang dengan karakteristik lingkungan masyarakat yang kental dengan tradisi dan budaya Melayu, secara sosiologis memiliki rasa toleransi, solidaritas dan tolong-menolong, seperti halnya proses pengerjaan baju seragam yang melibatkan para Penjahit lokal.
“Kita libatkan para Penjahit lokal dengan tujuan untuk memberikan peluang dalam mendapatkan tambahan serta terjadi perputaran ekonomi di masyarakat Kota Tanjungpinang,” ucapnya.
“Maka dari itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang memutuskan untuk melibatkan 43 Pengusaha Penjahit rumahan, dengan melibatkan 200-an Penjahit yang tersebar di seluruh Kota Tanjungpinang. Dengan demikian, tentu akan ada dampak positif bagi kelompok Penjahit kecil di Tanjungpinang dengan mendapatkan tambahan pekerjaan ini, mereka juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan,” ujar Syahrul.
Dalam kesempatan itu, Syahrul juga menyampaikan bahwa, pada Tahun 2020 nanti akan dilakukan evaluasi dan dimulai lebih awal, sehingga saat Tahun pelajaran baru akan dimulai, pakaian seragam sudah bisa dibagikan.
“Khusus untuk pakaian batik, di Tahun 2020 akan diseragamkan, baik SD maupun SMP yang ada di Kota Tanjungpinang, nanti akan menggunakan motif Batik Gurindam Pusaka, yang telah di launching beberapa hari yang lalu, dan begitu juga dengan baju kurung untuk seluruh SDdan SMP akan diseragamkan satu warna yang sama,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Drs. Atmadinata, M. Pd, dalam laporannya menjelaskan bahwa, total siswa yang menerima seragam Sekolah dan perlengkapan Sekolah adasebanyak 6.682 orang.
“Tentunya Pemerintah melaksanakan pengadaan ini bertujuan agar dapat meringankan beban masyarakat, khususnya buat para orang tua disaat musim penerimaan siswa baru,” ujar Atma.
“Untuk siswa SD Negeri dan Swasta ada sebanyak 3.301 siswa, sementara untuk SMP Negeri dan Swasta ada3.381 orang, dengan anggaran seluruhnya sebesar Rp 6.278.402.955,-” papar Atma.
Adapun pelaksanaan pengadaan seragam dan perlengkapan Sekolah untuk Sekolah Negeri SD dan SMP dilaksanakan oleh Sekolah masing masing, dengan DPA pada masing-masing Sekolah, sedangkan pengadaan untuk SD dan SMP Swasta melalui DPA Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.
“Seragam putih merah untuk SD, dan putih biru untuk SMP, kemudian seragam pramuka, seragam batik, baju kurung Melayu, seragam olahraga, tas, sepatu, kaos kaki dan buku tulis,” tutup Atma.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S. IP, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH beserta beberapa Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Ketua LAM Kota Tanjungpinang H. Wan Rafiwar, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari, serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar