Besok Aksi Demo Buruh Jawa Barat Batal di Gelar, ini Penyebabnya - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com

Post Top Ad

Minggu, 01 Desember 2019

Besok Aksi Demo Buruh Jawa Barat Batal di Gelar, ini Penyebabnya

Foto : Istimewah/net.
JAKARTA -  Usai mendapat surat keputusan (SK) terkait Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Jawa Barat tahun 2020, buruh membatalkan aksi demonstrasi terhadap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang semula sudah direncanakan.

"Karena Gubernur sudah merespon tuntutan buruh, tentu buruh akan mempertimbangkan untuk tidak melakukan aksi besar-besaran,," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, 1 Desember 2019.

Sebelumnya, Ridwan Kamil telah memilih untuk menetapkan upah lewat surat edaran, bukan surat keputusan seperti biasanya. Jika lewat surat keputusan, Ridwan Kamil menilai banyak industri yang tidak sanggup akan kolaps, bahkan kena pasal pidana. 

Tapi kalau lewat surat edaran, maka industri yang tidak mampu diberi kesempatan untuk melakukan perundingan upah yang adil dengan buruhnya. Cara ini dilakukan agar pabrik tidak lari dari Jawa Barat ke tempat lain.


Inilah yang menjadi biang protes para buruh. Anggota Komisi Ketenagakerjaan DPR dari Fraksi Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua KSPI, Obon Tabroni menilai akan ada perusahaan tidak menaikkan upah buruhnya karena surat edaran ini, sekalipun sebenarnya mampu. 

Meski surat keputusan telah terbit, para buruh masih memiliki tuntutan lain. Mereka meminta Ridwan Kamil mempunyai sikap yang sama terhadap Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK). "Kami meminta upah segera ditetapkan menggunakan surat keputusan, bukan dengan surat edaran," kata dia,

Sumber berita dari https://bisnis.tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar