Setda Kabupaten Lingga Gelar Kadarkum yang Diikuti 13 Perwakilan Kecamatan - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com

Post Top Ad

Senin, 14 Oktober 2019

Setda Kabupaten Lingga Gelar Kadarkum yang Diikuti 13 Perwakilan Kecamatan

LINGGA - Sebanyak 52 peserta dari perwakilan 13 kecamatan di kabupaten Lingga mengikuti perlombaan keluarga sadar hukum (Kadarkum) tingkat kabupaten Lingga yang digelar oleh bagian hukum sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Lingga selama 2 hari, mulai dari tanggal 13 sampai 14 Oktober 2019 di hotel One Dabo Singkep.

Perlombaan dengan moto " Melalui lomba Kadarkum kita tingkatkan pemahaman hukum masyarakat demi terwujudnya budaya hukum di bunda tanah melayu " ini, dibuka oleh Wakil Bupati Lingga M. Nizar pada Minggu ( 13/10/2019).
M. Jais, S.H, M.H., ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan oleh bidang hukum pemerintah daerah Lingga bersama dengan Kementerian Hukum dan Hak asasi ( Kemenkumham ) Kepulauan Riau ( Kepri ). Dan materi yang diperlombakan adalah Undang- Undang ( UU ) no 21 thn 2007 tentang Penindakan Perdangangan Orang, UU  No. 22 thn 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, UU No. 11 tahun 2012 tentang Sistem Praperadilan Pidana Anak, UU No. 11 tahun 2008 perubahan tahun 2016 tentang ITE. UU No.15  tahun 2006 tentang Penetapan PP Pengganti UU No. 1 thn 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme yang diubah dengan UU No 5 tahun 2018.

" Kesadaran hukum dan pentingnya hukum bagi masyarakat sangatlah diperlukan. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, " kata Jais yang juga merupakan Kepala Bagian Hukum Setda Lingga.
Sementara itu, M. Nizar Wakil Bupati ( Wabup)  Lingga  yang mewakili Bupati Lingga H Alias Wello dalam kata sambutannya menyampaikan, bahwa  kegiatan Kadarkum tersebut ini merupakan kegiatan perdana di Lingga.

" Semestinya kegiatan ini merupakan program rutin sperti hal nya pelaksanaan STQ, yang mana dimulai dari tingkat desa hingga ke tingkat kabupaten dan provinsi serta ke tingkat nasional. Artinya kedepan akan di lakasanakan secara bertingkat, " ujar M.Nizar.

M. Nizar berharap duta dari setiap kecamatan merupakan pilihan yang terbaik yang telah diseleksi di setiap desa, sehingga materi bisa di kuasai hingga dapat juara dan mewakili daerah ketingkat provinsi.

" Artinya kedepan akan dilakasanakan scara bertingkat, dan untuk tingkat desa akan diploting dari anggaran desa begitu juga tingkat kecamatan sedangkan untuk tingkat kabupaten itu dari kegiatan bidang hukum kabupaten Lingga, " tutup M. Nizar yang sekaligus membuka kegiatan.

Pemateri yang didatangkan oleh bagian hukum kabupaten Lingga yakni Siska Sukmawati dan Radio dari Kemenkumham Kepri. 

Tampak hadir pada kegiatan ini, Kepala Seksi Intelijen Kejari Lingga, M. Andi, Danramil diwakili oleh Serka Zulkifli, Lanal Dabo diwakili oleh Lettu (p) Imam Syafei.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar