RT Dilibatkan dalam Sensus Penduduk Online 2020, Rahyudi Lantik 1.600 Orang Petugas Dilapangan - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Kamis, 31 Oktober 2019

RT Dilibatkan dalam Sensus Penduduk Online 2020, Rahyudi Lantik 1.600 Orang Petugas Dilapangan

BATAM - Perangkat rukun tetangga (RT) akan diberdayakan untuk membantu suksesnya sensus penduduk 2020. Sensus 10 tahunan kali ini sedikit berbeda karena menggunakan sistem daring atau online.
“Ketua RT akan diberi pelatihan. Sehingga nanti mereka bisa login (masuk) ke sistem dan memperbaiki data diri. Mereka akan mengajarkan warganya untuk login ke sistem juga,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, Rahyudin di Batam Centre beberapa waktu lalu.
Tiap RT diharapkan bisa mengajak minimal 30 persen penduduknya untuk sensus mandiri secara online. Sehingga target BPS, 30 persen warga Batam mengisi sensus online, bisa terpenuhi.
Selain mengajarkan warganya untuk login ke sistem online, RT juga diberi tugas menemankan petugas saat verifikasi. Rata-rata, tiap petugas mendapat jatah verifikasi di 5 RT.
“Kita nanti akan melantik petugas sebanyak 1.600 orang. Dijadwalkan pada bulan Juni tahun depan,” ujarnya.
Petugas ini turun ke lapangan, setelah warga mengisi dan memperbaiki data di sistem. Pendataan secara manual dari rumah ke rumah dijadwalkan pada bulan Juli.
Rahyudin menjelaskan, dalam sensus penduduk online ini BPS bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Tahap awal BPS Pusat akan memasukkan data penduduk berdasarkan database yang diberikan Dirjen Dukcapil.
“Data dari Dukcapil dimasukkan ke sistem, sesuai NIK (nomor induk kependudukan). Nanti penduduk dapat SMS Blast, token untuk login. Cara login-nya, masukkan NIK dan nomor token yang diberikan lewat SMS tadi. Setelah itu masyarakat bisa memperbaiki data di sistem tersebut,” kata dia.
Menurut Rahyudin, token akan diberikan per kepala keluarga (KK). Pemberian token melalui SMS bertujuan untuk mencegah perubahan data oleh orang lain.
“Kadang ada RT yang merasa tahu warganya, lalu mereka yang mengisi. Kita meminimalisir hal seperti itu,” tuturnya.
Guna mensosialisasikan kegiatan ini, BPS akan memasang banner di lokasi yang biasa dikunjungi warga. Misalnya di loket layanan pengurusan izin di kecamatan-kecamatan se-Kota Batam. Rencananya sosialisasi sudah mulai dilakukan sebelum Februari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar