Sudah Lama Rusak, Kamera CCTV Disnaker Batam Belum di Perbaiki - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 11 Agustus 2019

Sudah Lama Rusak, Kamera CCTV Disnaker Batam Belum di Perbaiki

BATAM - Kegunaan kamera CCTV secara umum adalah berfungsi untuk mendeteksi seluruh kejadian di tempat yang ingin kita pantau, bahkan ke tempat terjauh sekalipun, tanpa kita harus berada ditempat tersebut, sehingga semua situasi dapat dipantau dan dikendalikan.

Akan tetapi, entah mengapa Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Batam yang sudah memasang kamera CCTV dibeberapa titik sudut kantornya tersebut mengalami kerusakan dan hingga saat ini tidak diperbaiki. Sementara kamera CCTV sangatlah berguna bagi seorang pimpinan untuk mengetahui kejadian atau pun kinerja dari bawahannya di lokasi kantor.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Batam Rudi Sakyakirti saat dikonfirmasi Buruhtoday.com mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui apakah kamera  CCTV yang ada dikantornya tersebut dapat berfungsi atau tidak.

"Ngak tau saya, kayaknya ngak hidup lagi," ujar Rudi, belum lama ini melalui pesan WhatshApp.

Sementara itu, menurut informasi yang diperoleh awak media ini, bahwa CCTV tersebut sudah lama tidak berfungsi dikarenakan rusak tersambar petir.

"Uda lama itu rusak bang, kena sambar petir," ungkapnya.

Untuk diketahui, berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat dari kamera CCTV.

1. Pengawasan dan keamanan

Kamera CCTV sebagian besar digunakan oleh orang-orang tertentu untuk keperluan pengawasan. Kamera CCTv dapat memantau kejadian apapun yang dapat dijangkau, selama 24 jam non stop. Dengan adanya CCTV anda bisa melihat kejadian-kejadian apa yang terjadi selama 24 jam.

Penggunaan CCTV pada bank digunakan untuk mengawasi tindak kejahatan oleh perampok, jika tindak kejahatan itu terjadi, anda dapat melihat wajah pelaku dari bukti rekaman CCTV. Di jalan raya, kamera CCTV digunakan oleh dinas perhubungan untuk memantau keadaan jalan raya dan aktivitas yang terjadi di sepanjang jalan raya.

Selain itu juga dapat digunakan untuk melihat tindak kejahatan yang terjadi di jalan raya, sehingga polisi dapat mencegah tindak kejahatan yang sama yang terjadi di jalanan.

2. Memonitor aktivitas di kantor/rumah

Bagi sebagian orang, memasang kamera CCTV adalah hal yang wajib apalagi jika kawasan kantor atau rumahnya kurang aman. Kamera CCTV digunakan oleh beberapa orang untuk memonitor keadaan yang terjadi. Selain itu.

3. Pengawasan Jarak jauh

Kamera CCTV juga dapat digunakan untuk memantau aktivitas dari jarak jauh. Misalnya kantor cabang di pasang beberapa CCTV untuk dipantau dari kantor pusat. Pemantauan dilakukan untuk melihat aktivitas karyawan atau kejadian-kejadian apa saja yang terjadi di kantor cabang.

Teknologi CCTV jaman sekarang memungkinkan anda untuk melihat hasil rekaman CCTV dari gadget pribadi anda sendiri. Jadi anda dapat dengan mudah mengontrol kamera CCTV anda dengan gadget anda sendiri/

4. Alat Pengamatan Kinerja Karyawan

Pada gedung perkantoran, kamera CCTV sering sekali digunakan untuk menganalisa kinerja karyawan di kantor tersebut. Anda dapat melihat kinerja dari karyawan anda masing-masing apakah sudah optimal atau ada karyawan yang tidak serius dalam bekerja atau mengerjakan hal lain saat bekerja, ini semua bisa anda cari tahu dari rekaman CCTV.

Terbukti jika penggunaan kamera CCTV pada gedung perkantoran dapat meningkatkan kinerja karyawan karena karyawan merasa terawasi selama bekerja.

5. Manfaat CCTV untuk Pengawasan Lalu Lintas

Kamera CCTV yang dipasang pada lampu merah dan persimpangan yang sibuk akan memberikan informasi bagi petugas lalu lintas. Ia juga dapat dipadukan dengan sensor yang dapat menangkap kendaraan yang melanggar batas kecepatan maksimum sekaligus merekam bukti gambar beserta tanggal dan waktu kejadian. Menurut sebuah penelitian di tahun 2004, menunjukkan penurunan jumlah kecelakaan kendaraan di hampir semua persimpangan lampu merah. Juga kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang menerobos lampu merah menurun setelah dilakukan pemasangan kamera CCTV.

6. Manfaat penggunaan CCTV di Sekolah

Umumnya sekolah SMP dan SMA menginstal sistem video surveillance untuk mencegah vandalisme, memantau aktivitas siswa untuk menghindari terjadinya perkelahian, pelanggaran aturan sekolah atau pencurian. Kebanyakan sekolah memasang peralatan pengawasan video untuk membantu siswa fokus pada studi mereka dan tidak perlu khawatir tentang kekerasan yang terjadi di luar sekolah. Kamera umumnya ditempatkan di dekat pintu masuk, lorong-lorong, tangga, area umum dan tempat parkir yang dipantau 24 jam sehari, dan 7 hari dalam seminggu.

Editor redaksi
Liputan tim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot