Lakukan Terobosan Baru Permudah Informasi dan Pelayanan - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com

Post Top Ad

Rabu, 21 Agustus 2019

Lakukan Terobosan Baru Permudah Informasi dan Pelayanan

BATAM – Terobosan baru diukir Kecamatan Batam Kota dengan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi dan Pelayanan (SIP) berbasis website.
Layanan dalam jaringan tersebut bisa diakses melalui web barunya di Sipbata.id.
Website tersebut nantinya akan mempermudah informasi dan pelayanan yang dibutuhkan warga Batam Kota.
“Aplikasi ini kita bangun untuk mempercepat dalam memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakat,” kata Camat Batam Kota Muhammad Fairus R Batubara, saat peluncuran sipbata.id, di OS Hotel Batam Kota, Selasa malam (20/8/2019).
Ia mengatakan, website tersebut juga untuk memberikan kepastian kepada masyarakat terhadap informasi dan layanan yang ada. Artinya, masyarakat dengan mudah mendapat informasi yang resmi melalui Sipbata.
Menurut Fairus, kendala selama ini, masyarakat yang melakukan pengurusan terkadang harus beberapa kali datang ke kantor lurah atau ke kantor camat.
“Hal itu terjadi karena minimnya informasi yang didapat terkait syarat syaratnya. Maka, dengan adanya situs ini, warga tak perlu lagi berulang kali datang ke kantor lurah atau kantor kecamatan,” katanya.
Kendati begitu, kata Fairus, saat ini situs Sipbata.id hanya menyediakan 2 jenis layanan yakni pengurusan surat keterangan usaha dan domisili usaha.
“Saat ini baru ada 2 layanan, tapi setelah ini akan kita tambah 2 layanan lagi berupa pengurusan ahli waris dan SKCK,” terangnya.
Fairus menjelaskan, aplikasi berbasis web tersebut dibangun tidak menggunakan APBD Kota Batam, melainkan dibangun secara gotong royong dengan melibatkan warga Batam Kota, mulai dari RT, RW, LPM, Karang Taruna, dan tokoh masyarakat.
“Bahkan untuk IT saja, kita di bantu oleh warga Batam Kota yang saat ini bekerja di salah satu stasiun TV Nasional. Jadi ini milik warga bersama,” katanya.
Farus mengatakan, jika program tersebut nantinya sudah teruji dan makin diperlukan, tak menutup kemungkinan akan dimasukkan kedalam APBD Kota Batam.
“Kita lihat perkembangannya kedepan, yang jelas kita akan terus upgrade aplikasi ini untuk hasil yang optimal,” tuturnya.
Ditempat yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakanSipbata.id sebuah inovasi yang diwujudkan Kecamatan Batam Kota untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakatnya.
Sipbata.id bisa di manfaatkan masyarakat sebelum mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan.
“Kalau saja website ini bisa berjalan baik maka tidak menutup kemungkinan bisa menjadi contoh bagi kecamatan lain,” kata Yusfa.
Ia menyebut, inovasi yang dilakukan Kecamatan Batam Kota merupakan salah satu visi dan misi yang ada di Pemko Batam. Seperti, program infrastruktur, peningkatan SDM, pemanfaatan teknologi, dan aplikasi pelayanan dan informasi.
“Dengan diluncurkannya Sipbata.id ini, warga Batam Kota juga bisa menyaring informasi, mana yang hoax dan mana informasi yang benar,” kata Yusfa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar