Polres Tanjungpinang Gelar Lomba Pos Kamling Cup 2019 - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Rabu, 19 Juni 2019

Polres Tanjungpinang Gelar Lomba Pos Kamling Cup 2019

TANJUNGPINANG – Polres Tanjungpinang melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas), menggelar lomba Pos Kamling Kapolres Cup 2019 tingkat Kecamatan se-Kota Tanjungpinang dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-73.

Penilaian Pos Kamling telah dimulai Selasa malam (18/6). Pos Kamling yang diperlombakan terlebih dahulu akan dikunjungi oleh Personil Sat Binmas untuk dinilai dari berbagai aspek antara lain bangunan, fungsi, kelengkapan, sarana dan prasarana serta kesiapan baik petugas jaga dan lainnya.

Pos Kamling yang diikutsertakan dalam perlombaan terlebih dahulu telah diseleksi oleh Bhabinkamtibmas dan Kapolsek di tiap Kecamatan.

Terdapat 4 Polsek yang menaungi 4 Kecamatan yaitu Polsek Bukit Bestari, Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang Kota dan Tanjungpinang Barat.

Tiap Polsek mengikutsertakan 2 Pos Kamling terbaiknya untuk diperlombakan. Untuk Polsek Tanjungpinang Kota mengikutsertakan 1 Pos Kamling. Total Poskamling yang diperlombakan sebanyak 7 Pos Kamling.

Untuk Pos Kamling yang dinilai di malam perdana yaitu Pos Kamling RT 02 RW 13 Kampung Sidomulyo, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, dan Pos Kamling RT 03 RW 08 Komplek Perum Griya Indonusa Lestari Kelurahan Air Raja.
IPTU Fauzi, selaku KBO Sat Binmas beserta IPTU Roswandi dan AIPTU Sagala, turun ke lokasi Pos Kamling melakukan penilaian.

Penilaian dari segi bangunan Pos Kamling, kelengkapan Petugas Pos itu sendiri seperti buku mutasi, senter, tongkat, borgol, bet petugas Kamling, racun api (pemadam api), buku mutasi, jam dinding, pengeras suara dan alat komunikasi, senter, peluit, pentungan, jas hujan dan borgol.

Selain itu juga dijelaskan mengenai tata cara memukul lonceng yang baik dan benar serta cara melakukan penangkapan terhadap orang dalam situasi mendesak.
Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, melalui Kasat Binmas AKP Tasriadi, menyampaikan bahwa perlombaan Siskamling Kapolres Cup 2019 dalam rangka hari Bhayangkara ke-73.

“Ini diselenggarakan untuk memberikan semangat serta lebih menggiatkan keberadaan dan pelaksanaan serta tugas fungsi Pos Kamling,” katanya.

Tasriadi mengungkapkan, Pos Kamling memiliki banyak fungsi. Tidak hanya sebagai Pos Pengamanan disuatu pemukiman namun juga sebagai tempat memberikan bantuan atau pertolongan pertama kepada warga.
Pos Kamling juga sarana petunjuk bagi masyarakat atau tempat bertanya apabila ada warga yang tersesat atau mencari alamat.

“Dengan tugas fungsi Pos Kamling sebagai pengamanan dan juga pelayanan kepada masyarakat, Pos Kamling diibaratkan sebagai Pos Polisi kecil yang berada di suatu pemukiman atau RT,” katanya.

(Sumber : http://lintaskepri.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar