Pengusaha Wisata di Himbau Sediakan Keselamatan Berwisata - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 08 Juni 2018

Pengusaha Wisata di Himbau Sediakan Keselamatan Berwisata

BINTAN - Selain mengatisifasi arus mudik lebaran, stabilitas pangan, kelancaran dan keamanan arus transportasi menjelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H. 

Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos juga menyampaikan terkait antisipasi isu strategis pasca lebaran, ketika nantinya masyarakat yang sedang masa libur lebaran akan menikmati keindahan alam pantai Trikora dan juga Lagoi. 

"Pasca Lebaran , juga menjadi perhatian dari kita semua. Di mana setiap tahunnya, banyak masyarakat yang akan memanfaatkan waktu libur lebaran dengan mengunjungi dan berenang di kawasan pantai Trikora dan Lagoi, " ujarnya di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan," Jum'at (8/6/2018) siang.

Terkait hal itu, dirinya sudah meminta beberapa instansi terkait seperti kepolisian, dinas perhubungan , tagana serta beberapa instansi-instansi terkait lainnya untuk menyiapkan Posko-Posko dibeberapa titik-titik rawan. 

"Untuk di Kawasan Pantai Lagoi mungkin tidak memiliki kendala yang berarti , yang menjadi persoalan adalah biasanya di Pantai Trikora. Dimana pengunjung yang berenang disana , acapkali menelan korban. Untuk itu, selain menyiapkan Posko maka kita minta koordinasi ke pihak-pihak kawasan perhotelan sekitarnya untuk memasang tanda dan rambu pembatas kawasan berenang di sana," terangnya 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira saat ditemui , Sabtu (9/6) pagi  menuturkan bahwa pihaknya pada bulan Januari 2018 yang lalu sudah  mengeluarkan Surat Edaran Nomor 556/Dispar 01-1 kepada pemilik atau pengelola usaha jasa, seperti hotel, home stay dan resor terkait himbauan keselamatan berwisata bagi pengunjung. 

Dikatakan Luki, dalam himbauan tersebut, Pengelola Usaha Jasa Pariwisata diminta menyediakan peringatan dan membatasi pengunjung dalam berenang agar tidak terlalu jauh dari sisi pantai, menyediakan life jacket sebagai alat pendukung wisata air, menyediakan personil medis, melakukan pengawasan di area pantai/laut serta memiliki nomor petugas darurat PMI, BPBD dan Polsek terdekat. 

"Menghadapi Libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun ini, pemerintah daerah kembali mengingatkan agar hal-hal penting bagi pengelola usaha jasa pariwisata untuk mendukung keberhasilan dunia pariwisata Kabupaten Bintan," tutupnya.

MDC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot