Ciptakan Batam Bebas Banjir, Pemko Ajak Masyarakat Gotong Royong Lingkungan - BURUH TODAY


Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 22 Mei 2017

Ciptakan Batam Bebas Banjir, Pemko Ajak Masyarakat Gotong Royong Lingkungan

BATAM - Pemerintah Kota Batam menargetkan penyelesaian banjir di akhir Desember. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, Pemko juga membutuhkan kerjasama masyarakat. Khususnya dalam menjaga kebersihan dan aktif gotong royong di lingkungan.

"BBGRM ini tidak boleh bulan ini, hari ini saja. Pak Yu (Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air) kerja terus, 24 jam. Habis satu titik, ke titik lain. Sehingga Desember banjir benar-benar selesai," kata Walikota Batam, Muhammad Rudi saat pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat 2017 di Kecamatan Batuaji, Sabtu (20/5).

Rudi menjelaskan bahwa penyelesaian masalah banjir tahun ini hanya bisa diselesaikan secara manual. Yaitu dengan normalisasi drainase yang tersumbat sampah dan sedimen.

Dan Pemko Batam telah menambah alat berat berupa ekskavator untuk normalisasi tersebut. Bahkan satu dari tujuh ekskavator yang dibeli dapat digunakan di darat dan di air (ekskavator amfibi).

"Batam ini sebaiknya dibagi lima dengan drainase induk. Kalau dibagi lima, drainase langsung ke laut, maka banjir selesai la itu. Tapi untuk bangun drainase induk, lahannya harus lahan kami. Itu yang kami tidak punya," kata dia.

Ketua panitia BBGRM, Hasyimah mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas masyarakat dengan pemerintah. Sedikitnya 1.500 orang dari berbagai unsur turun membersihkan 10 titik gotong royong. Tak hanya pegawai Pemerintah Kota Batam dan masyarakat, kegiatan ini juga didukung personel kepolisian, Yonif Marinir 10/SBY, Yonif Raider Khusus 136/TS, dan sebagainya.

Gotong royong dibagi menjadi 10 titik. Yaitu depan Hotel Aviari, Sekolah Basic, drainase Perum Masyeba, samping RSUD Embung Fatimah, depan Mitra Mall, Simpang Tobing arah Base Camp. Kemudian Aviari Plaza arah Pemda 1, depan Kashimura, Aviari Seken arah Pemda 2, dan depan Aviari/Sederhana.

Sebelum gotong royong, acara dibuka dengan senam sehat bersama. Kemudian di lokasi juga disiapkan layanan KB dan pemeriksaan papsmear gratis. Sekaligus dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan kursi roda untuk penyandang disabilitas.

red/MCB

Post Top Ad

Your Ad Spot