Alamak, 13 Orang Karyawan Karouke Positif AIDS - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 01 Desember 2016

Alamak, 13 Orang Karyawan Karouke Positif AIDS

SRAGEN - Kepala Desa Pendem Hardiana menyatakan menerima tembusan hasil tes VCT dan diketahui 13 orang buruh karouke di Kompleks Objek Wisata Gunung Kemukus, Sumberlawang, Sragen, Jawa Tengah (Jateng) positif kena AIDS.

 "Hasil tes yang dilakukan beberapa waktu lalu sudah diketahui. Dari total 123 wanita yang dites, 13 dinyatakan positif AIDS. Mereka langsung dipulangkan ke daerah asal," ujarnya, seperti dikutip dari KRjogja, Kamis (1/12/2016).

Menurut Hardiana, tes VCT dilakukan untuk semua pekerja yang mencari rejeki di Gunung Kemukus. Mereka rata-rata bekerja di tempat karaoke ilegal yang banyak tersebar di Kemukus. Saat ini, total terdapat 61 tempat karaoke di Kemukus. Ironisnya para wanita yang bekerja di tempat tersebut hampir semuanya berasal dari luar daerah.

"Mereka yang positip tertular AIDS langsung dipulangkan ke daerah asal. Pemulangan dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) dengan diantarkan sampai ke rumah masing-masing,” ujar dia.

Diketahui,  13 buruh karouke tersebut diduga Pekerja Seks Komersial (PSK) yang biasa mangkal di Kompleks Objek Wisata Gunung Kemukus, Sumberlawang, Sragen, Jawa Tengah (Jateng). Dan mereka berasal dari luar daerah Sragen.

Temuan kasus AIDS ini terungkap dari hasil pemeriksaan Voluntary Conseling and Testing (VCT) yang dilakukan Tim Komisi Pendanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sragen bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat beberapa waktu lalu. Tes diikuti 123 wanita yang bekerja di kompleks Gunung Kemukus dengan cara mengampil sampel darah.

red / Okezonenews.com





Post Top Ad

Your Ad Spot