Aksi Buruh 2 Desember, Kapolri Minta di Tunda Dulu - BURUH TODAY


Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 28 November 2016

Aksi Buruh 2 Desember, Kapolri Minta di Tunda Dulu

JAKARTA - Aksi demo nasional yang akan dilakukan buruh di tugu monas pada 2 Desember 2016 mendatang, memang bersamaan dengan aksi demo Bela Islam III. Kapolri Jenderal  Tito Karnavian khawatir meminta buruh agar menunda aksi karena dikhwatirkan dapat menganggu demontrasi Bela Islam III.   .

"Aksi-aksi di luar Bela Islam III sebaiknya ditunda dulu, ditunda hari lain,"  kata Tito dalam jumpa pers bersama di Kantor MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Tito menuturkan aksi Bela Islam III yang digagas Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI diisi dengan kegiatan ibadah. Karena itu untuk menjaga kekhusyukan, Tito berharap agenda unjuk rasa tidak dilakukan pada hari yang sama pada 2 Desember.

"Jangan sampai mengganggu kesucian acara ini, karena ini memang ibadah, termasuk ada rencana kegiatan aksi buruh misalnya. Jangan sampai di sini sedang berzikir di satunya teriak-teriak nggak akan cocok itu, akan mengganggu kesucian, sekali lagi kesucian ibadahnya," imbuhnya.

Tito menjamin aksi damai di Monas akan berjalan aman. Polisi sudah berkoordinasi dengan TNI, Satpol PP dan satuan terkait lainnya.

"Saya kepada warga yang melaksanakan kegiatan ini silakan melaksanakan kegiatan keagaaman dengan tertib, kita akan amankan semaksimal mungkin," terangnya.

Kesepakatan pemindahan lokasi aksi damai ke Monas sudah dikomunikasikan Kapolri dengan GNPF MUI. Mulanya GNPF MUI berencana melakukan aksi termasuk salat Jumat di Jl Jenderal Sudirman-MH Thamrin.

Tito menegaskan adanya aturan mengenai unjuk rasa yang dilarang mengganggu ketertiban umum dan hak asasi orang lain. Karena itu aksi damai akhirnya diputuskan digelar di Monas.

"Akhirnya kita mencapai kesepakatan dilaksanakan di Monas dari jam 8 sampai jam 1 dalam bentuk kegiatan suci, kegiatan keagamaan, zikir, tausiyah dan diakhiri salat bersama. Ini tidak melanggar hukum. Saya yakini dengan kehadiran saudara-saudara kita melaksanakan kegiatan tersebut didengar banyak pihak tentang apa yang ingin disampaikan," tutur Tito.


sumber : Detik.com

Post Top Ad

Your Ad Spot