Home » » Dewan : Retribusi Parkir Batam Tergolong Murah

Dewan : Retribusi Parkir Batam Tergolong Murah

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Senin, 03 Oktober 2016

Batam,Buruhtoday.com - Anggota Komisi III DPRD Batam, Dandis Rajagukguk menilai retribusi parkir di kota Batam masih tergolong murah. Apabila perubahan Peraturan Daerah (Perda) No 1 Tahun 2012 ditetapakan, maka retribusi parkir kota Batam akan meningkat.

“Kalau di Surabaya parkir mobil sudah Rp 4.000, Batam masih masih tergolong murah,” ujar Dandis. Senin (3/10/2016).

Menurut Dandis, bila dilihat dari PAD parkir sebelumnya, jumlah ini tentu sangat signifikan. Misalnya, retribusi parkir saat ini, yang targetnya hanya Rp 4,2 miliar dan terealisasi hanya Rp 3,8 miliar.

Memang, jika dibandingkan dengan parkir biasa, parkir berlangganan dirasa lebih murah. Pembayarannya pun cukup satu kali setahun, pada saat membayar pajak kendaraan motor. Direncanakan, parkir yang ada di seantero Batam, pengawasannya akan dipegang langsung oleh Pemko Batam, dalam hal ini Dinas Perhubungan.

“Ke depan kita studi banding di Surabaya, karena di sana sistem perparkirannya sudah baik,” katanya.



Ditanya potensi PAD dari parkir, ia menjawab belum bisa menghitung, lantaran jumlah kendaraan di Batam secara keseluruhan belum diserahkan Dinas Perhubungan.

“Kalau hitung kasar saja, Rp 2.000 dikali 356 hari ditambah Rp 4.000 dikali 356 hari dikali jumlah kendaraan, ini baru untuk parkir khusus,” katanya.

“Belum lagi parkir langganan roda dua, empat dan bus diprediksi bisa mencapai Rp 60 miliar,” tutupnya.



(red)
Share this post :

Facebook Comments