Home » » Walikota Batam Jadi Inspectur Upacara HUT RI ke 71 Tahun

Walikota Batam Jadi Inspectur Upacara HUT RI ke 71 Tahun

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Rabu, 17 Agustus 2016

Batam,Buruhtoday.com - Peringati HUT ke 71 RI, Walikota Batam, Muhammad Rudi menjadi inspektur Upacara di Dataran Engku Putri Batam Centre, Rabu (17/8).

Adapun yang bertindak sebagai perwira upacara adalah Mayor Laut (PM) Syarifuddin yang sehari-harinya menjabat Paspotmar Lanal Batam. Sedangkan komandan upacara, Mayor Laut (S) Taufan Bagus Wicaksono, Pasintel Lanal Batam.

Pengibaran bendera berlangsung khidmat, dengan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang merupakan pelajar-pelajar terbaik se-Kota Batam. Paskibra Kota Batam berjumlah 34 orang terdiri dari 18 putri dan 16 putra serta gabungan dari TNI/POLRI yang tergabung dalam pasukan 17, 8, dan 45.

Bertindak selaku komandan kompi Paskibra, Letda Marinir Fajarian Adinur Susanto, Danton Pertempuran Khusus di Yonif 10 Marinir Satria Bumi Yudha Batam. Dan Komandan Pleton Paskibra, Egi Alfalah, pelajar SMA Negeri 1 Batam.

Petugas bendera terdiri dari penjemput bendera Nabila Anjani dari SMA Negeri 1 Batam, pengapit kiri Fiona Aurora Tambunan dari SMA Negeri 1 Batam dan pengapit kanan Karina Puspita Dewi dari SMA Negeri 5 Batam. Sementara Petugas Pengibar yakni Pembawa baki Virsta Safira dari SMA Negeri 1 Batam, pengerek bendera M. Ridho Maulana Hendrian dari SMK Maritim Batam, Pembentang bendera Syukror Rozi dari SMA Negeri 1 Batam, dan pemegang bendera Lucky Nicolas Rumabutar dari SMA Negeri 8 Batam.

Adapun Formasi yang dibentuk oleh Paskibra adalah angka 71 sebagai perlambang HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016.

Peserta upacara terdiri dari 10 kompi yakni kompi Yonif 134 Tuah Sakti; kompi gabungan TNI; kompi gabungan Polda Kepri; kompi gabungan Polresta Bareleng, Satpol PP Batam, Ditpam BP Batam; Kompi Bea Cukai Batam, Imigrasi Batam, Damkar dan Damkar Batam; Kompi gabungan Dishub Batam, Kanpel/KPLP Batam dan Wanra Dim Batam; Kompi gabungan Linmas, PNS dan KORPRI Kota Batam; Kompi gabungan Menwa Batam, PPM Batam dan Pemuda Pancasila Batam; Kompi gabungan pelajar SMA, SMK dan pramuka serta Kompi Aubade.

Upacara ini dihadiri oleh unsur forum komunikasi pimpinan daerah, pejabat di lingkungan Pemko Batam, Anggota DPRD Kota Batam serta para veteran.

Upacara bendera dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 itu dimulai sekitar pukul 10.00 WIB bertepatan dengan detik-detik pembacaan teks proklamasi oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno, pada 17 Agustus 1945. Dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Batam, Zulkiflii serta penaikan bendera merah putih.

Setelah upacara bendera, Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan upacara kali ini berlangsung khidmat. Rangkaian upacara ini telah disesuaikan dengan protap pemerintah pusat. 

(sumber MCB)
Share this post :

Facebook Comments