Home » » BC Batam Tangkap Mobil Ekpedisi Bermuatan Ribuan Unit Hp dan Laptop Selundupan

BC Batam Tangkap Mobil Ekpedisi Bermuatan Ribuan Unit Hp dan Laptop Selundupan

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Minggu, 17 April 2016

Batam,Buruhtoday.com - Petugas Bea Cukai Pelabuhan Roro Telaga Punggur berhasil mengamankan mobil ekspedisi warna putih BM 9425 TE milik Indah Logistik Cargo(ILC) bermuatan ribuan hanphone dan ratusan laptop selundupan yang akan diberangkatkan ke Pekanbaru, Minggu(17/4/2016) pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

“Lebih kurang 1000 unit handphone dan 400 laptop akan dibawa ke Pekanbaru mengunakan kapal Roro,” ujar narasumber terpercaya dari internal Syahbandar Telaga Punggur.

Dia mengatakan pelabuhan Roro Telaga Punggur merupakan jalur yang sering digunakan untuk penyelundupan barang-barang ke luar Batam yang sudah terorganisir dengan baik.

“Kami kurang percaya akan diawasi secara ketat, karena sudah terorganisir dengan baik,”ujar narasumber yang ikut menyaksikan pembongkaran muatan mobil tersebut di pelabuhan Telaga Punggur.

Menurutnya selama ini barang selundupan yang dibawa ekspedisi selalu lolos karena diduga dibekingi oknum Polisi yang bertugas di Telaga Punggur.

“Saat barang itu diamankan BC, oknum tersebut kabur dengan alasan dipanggil Kapolsek,” bebernya.

Koordinator Bea Cukai Telaga Punggur, R Kadir mengatakan penggeledahan dilakukan sesuai perintah pimpinan karena barang yang dibawa tidak tertera dalam manifest.

“Lebih kurang 37 karton ukuran besar tujuan Pekanbaru,” ujar Kadir di Kantor Bea Cukai Batam di Batu Ampar.

Kadir mengatakan seluruh barang saat ini telah dibongkar dan diamankan di Kantor Bea Cukai Batam dan akan dilakukan pengembangan lehih lanjut.

Supir ekspedisi ILC berinisial Z ketika dikonfirmasi di Kantor Bea Cukai Batam berdalih tidak mengetahui isi muatan barang yang akan dibawanya ke Pekanbaru.

“Kami tidak tahu persis ada HP dan laptop karena dalam manifes hanya tertera barang pindahan,” ujarnya.

Pantauan dilapangan saat dilakukan pembongkaran isi muatan mobil ekspedisi ILC di Kantor Bea Cukai Batam pukul 12.15 WIB, isi puluhan kardus yang tertera di manifes sebagai peralatan rumah tangga ternyata berisi accecoris mobil. Sedangka ribuan hanphone dan ratusan laptop tidak tertera didalam manifest.

(red/di/AMOK)
Share this post :

Facebook Comments