Home » » Disnaker Batam Mulai Gelar Ujian Tertulis Bagi Peserta Pelatihan

Disnaker Batam Mulai Gelar Ujian Tertulis Bagi Peserta Pelatihan

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Senin, 21 Maret 2016

Batam,Buruhtoday.com - Dinas Tenaga Kerja Kota Batam mulai hari ini (Senin-red) menggelar ujian tertulis kepada 30 calon peserta program pelatihan kerja bidang peningkatan produktifitas mutu kerja(yang bekerja).  Dan peserta yang mengikuti ujian tersebut merupakan karyawan dari berbagai perusahaan di Kota Batam untuk mengiktui program pelatihan bidang Autocad Drafter. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam melalui Kabid Bidang Pelatihan Luhut Marbun mengatakan, ujian hari ini merupakan hari pertama kepada calon peserta peningkatan produktivitas kemampuan kerja(yang sudah bekerja).

"Mereka akan dididik dan dijadikan tenaga kerja yang memiliki skill ahli dalam bidang Autocad Drafter," ujar luhut kepada AMOK Group,Senin(21/3/2016) di Kantor Disnaker Batam.

Luhut menerangkan, ujian tersebut akan dilakukan selama 4 hari berturut-turut yakni dari tanggal 21- 24 Maret 2016. Dan sebanyak 220 tenaga kerja( yang sudah bekerja) akan mendapatkan sertifikasi.

"Untuk hari ini, ada 30 pekerja peserta yang mengikuti ujian Drafter Autocab. Dan untuk hari berikutnya, ujiannya dibidang Welding Inspector, Bahasa Inggris dan Ahli K3," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa soal yang diberikan kepada peserta langsung dari lembaga pelatihan husus. Dan jenis soal yang diberikan bagi para peserta ada sebanyak 28 soal.

"Pengawasan saja dari kita(Disnaker-red). Kalau soal tertulis ada 20, dan 8 soal untuk praktek menggambar di laptop, " katanya.

Luhut juga berharap dengan dikeluarkannya sertifikasi nantinya kepada 220 peserta, mereka dapat bersaing dengan pekerja asing.

"Kita berharap dengan adanya keterampilan dan sertifikat nanti, mereka siap bersaing dengan tenaga kerja asing," paparnya.
Sementara itu, Robi Eko salah satu peserta yang merupakan karyawan dari PT Smotech mengaku kesulitan dalam soal mengambar, namun dengan arahan dari pengawas ia ahirnya bisa menyelesaikan soal ujiannya.

"Yah kalau susahnya cuman disoal yang mengambar aja mas, tapi setelah di beri arahan oleh pengawas bisa selesai walaupun waktunya agak lama," ujarnya.

(Red/Jf)
Share this post :

Facebook Comments