P4TKI Batam : Tekong TKI Ilegal Diduga Bekerjasama Dengan Intansi Terkait - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Rabu, 10 Februari 2016

P4TKI Batam : Tekong TKI Ilegal Diduga Bekerjasama Dengan Intansi Terkait

Batam,Buruhtoday.com - Koordinator Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) Batam, Febi Sulistia mengatakan maraknya TKI Ilegal di Batam diduga adanya kerjasama tekong TKI dengan oknum intansi terkait di pelabuhan Batam Center untuk meloloskan para TKI berangkat ke luar negeri.

“Kita sudah sering menangkap tekong TKI Ilegal di Bandara Hang Nadim, terlebih lagi di pelabuhan Batam Center,” ujarnya kepada AMOK Group, Rabu(10/2/2016) sore diruang kerjanya.

“Kebanyakan yang kita tangkap warga biasa, tapi tidak menutup kemungkinan ada oknum petugas yang ikut terlibat pekerjaan kotor tersebut. Tapi ini hanya dugaan saya saja yah,” tambahnya.

Ia mengungkapkan bahwa Tekong yang ada sudah masuk masuk Jaringan internasional yang sulit dilacak. Operasi yang dilakukan P4TKI juga selalu bocor saat dilakukan tindak pencegahan dilapangan.

“Ini jaringan besar, yang melakukan ini para mafia internasional dan sudah berlangsung lama. Sudah berapa kali kita mendapat laporan seperti ini, dan ketika kita melakukan sidak para tekong tersebut tidak kelihatan seakan operasi yang kita lakukan sudah bocor,” jelasnya.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan operasi rutin dilapangan terutama di pelabuhan Batam Center.

“Kami berharap kedepannya para TKI itu sudah resmi semua, kan kasihan kalau dideportasi, disiksa majikan, terlantar dan ditangkap di negara luar karena memakai prosedur yang salah karena iming-iming gaji besar dari tekong yang tidak bertanggung jawab,”pungkasnya.

(CR 2/3/AMOK Group)