Home » » Kurang Kocek, Imigrasi Batam Persulit Warga Urus Paspor

Kurang Kocek, Imigrasi Batam Persulit Warga Urus Paspor

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Selasa, 26 Januari 2016

Batam,Buruhtoday.com - Warga Batam mengeluhkan susahnya mengurus paspor melalui prosedur di kantor Imigrasi kelas IA Batam Center. Penyebabnya tak lain karena oknum petugas kongkalikong dengan calo.
 
Pantauan AMOK Group di lapangan, puluhan calo dengan bebas mondar-mandir keluar masuk ruangan petugas mengantar berkas titipan kliennya. Tentu saja didalam berkas map tersebut telah terselip sesuatu yang diharapkan petugas.

Salah seorang warga Tanjung Uma berinisial En mengaku telah mengurus perpanjangan paspor sejak bulan Oktober 2015 lalu, tapi hingga kini belum juga selesai.

"Susah betul sekarang urus paspor, masa dari bulan Oktober 2015 masih juga belum juga siap. Mungkin karena saya gak punya duit ya," keluhnya.

Menurutnya pelayanan yang ada di Kantor Imigrasi Batam ribet dan banyak prosedur, padahal ia sudah melengkapi semua prosedur yang ada.

"Mereka banyak alasannya mas, yang blangkonya habislah. Sekarang saya malah disuruh nunggu lagi oleh petugas imigrasi yang berinisial A," jelasnya.

Ironisnya, kata En, pengurusan paspor yang diurus calo justru bisa selesai 4 hari kerja. "Syarat-syarat semua lengkap, tapi kok sampai sekarang tidak siap? Saya harus bolak-balik Tanjung Uma – Batam Centre tanpa adanya kejelasan," terangnya.

Ia berharap kinerja petugas Imigrasi Batam bisa lebih profesional, agar pemohon paspor tidak diterlantarkan karena adanya kepentingan oknum-oknum. (red/cr 3).
Share this post :

Facebook Comments