Home » » Rangkaian HUT Kota Batam, Pakar Kemelayuan Gelar Dialog Selatan

Rangkaian HUT Kota Batam, Pakar Kemelayuan Gelar Dialog Selatan

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Sabtu, 05 Desember 2015

Batam,Buruhtoday.com - Dalam rangka HUT Kota Batam acara Keduri Seni Melayu akan digelar di Aula Lantai IV Kantor Walikota Batam dan bersamaan dengan acara Dialog Selatan dengan menghadirkan tokoh-tokoh melayu Riau, Kepulauan Riau, Johor Malaysia dan Singapura.Sabtu (5/12).

Dialog Selatan ini diikuti negara-negara melayu yang berada di wilayah selatan. Yakni pesisir timur Sumatera seperti Riau dan Kepulauan Riau, kemudian semenanjung Malaysia seperti wilayah Johor, serta negara Singapura. Sedangkan daerah melayu wilayah utara seperti Pattani di Thailand, Brunei Darussalam, dan Kalimantan bagian Utara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan Dialog Selatan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Batam dengan Gabungan Penulis Negara (Gapena) Malaysia.

“Adapun pembicaranya nanti adalah pakar-pakar melayu yang mendiami daerah kemelayuan. Di antaranya Zainal Abidin Burhan dari Malaysia, Rida K Liamsi dari Indonesia, dan perwakilan Dewan Bahasa dan Kepustakaan Singapura,” kata Yusfa, Jumat (4/12).

Yusfa mengatakan Dialog Selatan ini merupakan agenda rutin yang terakhir kali diselenggarakan di Pekanbaru. Dialog kali ini merupakan kegiatan pertama kalinya setelah vacuum hampir 10 tahun lamanya.
Menurutnya dalam Dialog Selatan ini, biasanya membahas tentang masalah-masalah kemelayuan. Topik yang diangkat misalnya masalah bahasa, atau bagaimana meningkatkan kerjasama antar daerah-daerah melayu.

“Pada tanggal 6 nya, sesuai kebiasaan, setelah dialog, berbaur dengan masyarakat. Acara ini dibalut dalam kegiatan kenduri bersama masyarakat di Batubesar Nongsa,” ujar Yusfa. (Media Center Batam)
Share this post :

Facebook Comments